10 Fakta Menakjubkan Tentang Mata Manusia
10_Fakta_Menakjubkan_Tentang_Mata_Manusia.jpg

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangatlah penting dan berharga. Memiliki mata yang sehat agaknya merupakan dambaan seluruh manusia. Untuk memiliki mata yang sehat, kita harus mulai aware dengannya, karena biasanya kita tidak terlalu memperhatikan kondisi mata kita sampai ada sesuatu yang  tidak beres terjadi. 


Di samping karena alasan kesehatan, ternyata terdapat beberapa fakta menakjubkan tentang mata manusia. Ingin tahu selengkapnya? Berikut 10 di antaranya.
 

Semua Ingatan, Berawal Dari Mata
Segala sesuatu yang saat ini kita ketahui awalnya pasti akan dilihat dulu oleh mata dan barulah kemudian terekam di otak hingga menjadi memori. Setiap harinya, jutaan momen dapat tertangkap oleh mata layaknya sebuah kamera professional, dan bahkan 80% dari ingatan dan memori berasal dari visualisasi mata.

Mata dan Kacamata, Selalu Saling Membutuhkan
Pada hakikatnya, penggunaan kacamata tidak hanya sebagai alat bantu melihat bagi orang-orang yang memiliki cacat mata saja, namun juga kacamata digunakan untuk melindungi mata dari kotoran dan debu jalanan. Selain itu pula, semakin bertambahnya usia, semakin kita membutuhkan kacamata, karena pada usia di atas 40 tahun, fokus lensa akan berangsur-angsur mengalami penurunan dan pada akhirnya kacamata sangatlah diperlukan untuk membantu pada saat membaca buku ataupun beraktivitas lainnya.

Setiap Mata Memiliki Titik Buta
Tenang, bukan kebutaan dalam arti sebenarnya. Setiap mata memiliki titik buta, yang berarti sebagus apapun kemampuan mata kita pasti suatu saat akan mengalami masa-masa ini. Titik buta adalah sebuah titik di retina mata yang tidak memiliki reseptor cahaya sehingga tidak bisa merespon cahaya. Alhasil, di satu titik, mata kita tidak dapat melihat. Karena kita punya dua bola mata, maka setiap orang punya dua titik buta. Titik buta bertugas menghantarkan segala informasi yang diterima oleh mata ke otak. 

Pertumbuhan Sempurna Mata Adalah Ketika Usia 7 Tahun
Seperti bagian tubuh lainnya, mata juga mengalami masa pertumbuhan. Berdasarkan sebuah penelitian, kelengkapan fungsi mata orang dewasa dan anak-anak akan terjadi pada saat usia anak 7 tahun. Karenanya disebutkan bahwa, usia sempurna pertumbuhan mata adalah 7 tahun.

Mata Bisa Menjadi Alat Deteksi Diabetes
Sudah banyak diketahui bagaimana cara mendeteksi apakah seseorang menderita diabetes atau tidak, salah satu caranya adalah dengan melihat matanya. Orang dengan diabetes, pembuluh darah di sekitar matanya akan terlihat jelas, dan juga lensa mata akan mengeruh. Hal itu disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang membuat pembuluh darah pada retina akan rentan pecah. 

Ternyata Tuna Netra Juga Dapat Melihat!
Siapa bilang kalau tuna netra tidak dapat melihat? Nyatanya, mereka juga dapat melihat, melalui mimpi, kecuali mereka sudah buta sejak lahir. Seseorang yang mengalami kecelakaan ataupun mengalami sakit hingga kehilangan penglihatannya masih dapat melihat seluruh kejadian yang pernah mereka alami ketika masih dapat melihat, melalui mimpi mereka. Seluruh memori akan terproyeksi kembali dalam bentuk mimpi, meskipun terkadang mimpi mereka tidak seindah mimpi orang normal.

Mata Tidak Dapat Ditransplantasikan
Tidak seperti organ tubuh lainnya, mata merupakan panca indera yang tidak dapat ditransplantasikan. Hal itu disebabkan karena mata memiliki jutaan syaraf yang terhubung ke otak sehingga sangat kecil kemungkinannya dalam dunia medis, untuk mentransplantasikan mata.

Prinsip 20:20:20
Dalam dunia kesehatan mata, prinsip 20:20:20 tentu sudah tidak asing lagi. Para spesialis mata menganjurkan untuk menerapkan prinsip tersebut sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan mata. Prinsip 20:20:20 ini sebenarnya adalah prinsip sederhana dimana kita memberikan waktu beristirahat kepada mata kita agar tetap segar dan tidak mudah capai. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan cara mengalihkan pandangan mata ke sebuah objek yang berjarak sekitar 20 meter selama 20 detik.

Bayi Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Menangis
Semua orang pasti tahu, bayi memiliki hobi menangis. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata pada saat bayi menangis, ia tidak mengeluarkan air mata. Bayi akan selalu menangis tanpa air mata sampai usia mereka menginjak 4-13 minggu. Hal itu disebabkan karena kelenjar air mata bayi masih memproduksi air mata dalam jumlah yang sedikit 

Scan Retina Lebih Aman Dari Scan Sidik Jari
Seperti di film-film action atau detektif, saat ini scan retina telah banyak digunakan untuk melindungi sesuatu yang penting. Faktanya, iris mata memiliki 256 karakteristik yang terbukti lebih aman dibandingkan dengan sidik jari yang hanya memiliki 40 karakteristik. Jadi tingkat sekuritas dengan menggunakan scan retina jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menggunakan sidik jari.

Sudah terbukti bahwa mata merupakan aset penting bagi hidup manusia. Karenanya, mulailah dari sekarang untuk menjaga kesehatan mata dan bersikap lebih aware dengan kondisi mata kita. Sebab sehat atau tidaknya mata tergantung dari cara kita merawatnya. 

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer