Mata Lelah Setelah Berkutat Lama di Depan Gadget? Lakukan 9 Olahraga Mata Ini
Mata-Lelah-di-Depan-Gadget,-Lakukan-9-Olahraga-Mata-Ini-Vitamin-Mata-EYEVIT.jpg

Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga bisa mengalami kelelahan kalau dipakai terus-menerus dalam jangka waktu lama. Karenanya selain mengonsumsi vitamin mata, coba lakukan beberapa olahraga mata berikut kalau ingin indera penglihatan kita jadi segar kembali.

1. Berkedip lebih sering

Ingatkan diri untuk sering-sering berkedip saat mata lelah karena ini dapat membantu merilekskan dan melumasi indera penglihatan.

Aktivitas menatap layar gadget atau komputer biasanya membuat mata jarang berkedip dan ini bisa membuatnya kering serta menambah ketegangannya. Mulai dari sekarang, biasakan mata untuk berkedip setiap membaca beberapa kalimat tulisan, entah itu di HP, komputer, atau buku. Jika tak berhasil juga, alihkan pandangan dari gadget, dan arahkan ke obyek lainnya lalu kedipkan mata secara berkala.

2. Lakukan prinsip 20/20/20

Setiap 20 menit sekali, luangkan 20 detik untuk melihat obyek lain, entah itu pohon atau langit, sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), lebih jauh dari ini juga semakin baik. Kalau 20 menit dirasa tidak memungkinkan, maka lakukan sedikitnya 1 jam sekali.

3. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Gunakan aplikasi seperti Eyeleo contohnya, yang dapat mengingatkan Anda untuk melakukan olahraga mata – apakah itu memutar bola mata, scanning (mengamati 1 obyek lalu pindah ke lainnya, dst), fokus pada titik tertentu, atau lainnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan tombol snooze sehingga cocok untuk Anda yang padat aktivitasnya.

4. Tingkatkan frekuensi mendengar

Ketimbang mencari informasi dengan membaca (menggunakan mata), mengapa tak sesekali menyalakan radio?! Anda yang ingin menghibur diri juga bisa memilih musik ketimbang film. Dengan begitu, mata bisa diistirahatkan dan kemampuan mendengar pun meningkat.

5. Minum air secukupnya

Air tak hanya bertugas menghidrasi tubuh saja, namun juga organ penting seperti mata. Kadangkala, efek mata lelah, sakit kepala, atau pandangan kabur juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Karenanya bawalah botol minum kemanapun agar Anda selalu ingat untuk minum air.

6. Tutupi mata dengan telapak tangan

Lakukan teknik ini di mana saja saat mata lelah. Gosokkan kedua telapak tangan selama beberapa detik hingga terasa hangat, lalu bentuk itu sehingga menyerupai mangkok. Tempelkan ‘mangkok tangan’ perlahan di mata (tertutup) sehingga Anda tak bisa melihat cahaya sama sekali. Biarkan suhu hangat merilekskan mata selama 7 menit, dan mata akan kembali segar setelahnya.

7. Pijat mata dengan gerakan melingkar

Lakukan metode atasi mata lelah selanjutnya ini sebelum tidur. Gunakan minyak kastor agar kulit lebih licin ketika dipijat. Tuang sedikit minyak ke ujung kelingking, lalu perlahan gerakkan jari mulai dari ujung atas mata (di bawah alis) melingkari sekitar dan bawah mata. Ikuti saja tulang yang melekuk di sekitar mata.

Tujuannya adalah memijat otot yang menggerakkan mata. Hindari menarik atau menahan kulit, dan jangan sampai minyaknya masuk ke dalam mata. Gunakan tekanan ringan namun kokoh saat memijat, ulangi 5-10 kali untuk setiap mata.

8. Masker air mawar

Baik mawar maupun lidah buaya sama-sama menyejukkan sehingga cocok untuk kompres atau masker mata. Caranya, basahi kapas dengan air mawar atau lidah buaya (jangan sampai menetes). Sambil berbaring, duduk, atau bersandar ke belakang, letakkan kapas tadi di atas mata (tertutup pastinya) dan rilekslah sejenak.

9. Lakukan savasana

Savasana merupakan pose yoga yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Dalam posisi berbaring nyaman dan rileks, tutup mata lalu tempatkan bantal mata bersih di atas kedua indera penglihatan. Berdiam dirilah dalam posisi ini selama 10 menit sambil bernafas teratur. Tak hanya baik untuk menyegarkan mata lelah, savasana juga ampuh merilekskan pikiran.

Jadi bagaimana, tidak sulit ya ternyata kalau ingin menyegarkan mata lelah?! Selamat mencoba!

https://yogahealthcoaching.com/eye-exercises-soothe-tired-eyes/

https://www.rebuildyourvision.com/blog/vision-conditions/computer-vision-syndrome/6-refreshing-eye-exercises-for-tired-computer-users/

 

 

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2019 @ Eyevit
Disclaimer