Ini Lho Keuntungan dan Bahaya Sinar Biru
Ini-Lho-Keuntungan-dan-BAHAYA-SINAR-BIRU-Itu-EYEVIT-Vitamin-Mata.jpg

Apakah yang dimaksud dengan sinar biru itu?

Sinar matahari sebenarnya terdiri dari kombinasi berbagai sinar seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan lembayung. Bila semua sinar tadi dikombinasikan, maka itu akan terlihat putih seperti yang kita lihat setiap pagi/ siang. Masing-masing sinar ini memiliki panjang gelombang dan energi berbeda.

Walau sinar merah memiliki gelombang yang lebih panjang, namun energinya tak sebesar sinar biru yang gelombangnya lebih pendek. Oleh karenanya, cahaya putih biasanya mengandung banyak sinar biru.

Benda yang memancarkan sinar biru

Selain dari matahari, sinar biru biasanya terdapat dalam:

  • Lampu neon

  • Bohlam CFL

  • Lampu LED

  • Layar TV LED

  • Layar komputer, smart phone, maupun tablet

Meski paparan sinar biru dari beberapa sumber di atas tak sebesar yang diberikan cahaya matahari., namun kita jadi terekspos lebih banyak darinya karena dalam keseharian, kita sering menggunakannya.

Keuntungan sinar biru

Sinar biru ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya seperti:

  • Mendongkrak kewaspadaan dan mood

  • Membantu fungsi daya ingat dan kognitif

  • Meregulasi ritme sirkadian – paparan sinar biru saat siang hari dapat memelihara ritme sirkadian agar tetap sehat. Sebaliknya, terlalu banyak sinar biru di malam hari (melalui gadget atau komputer) justru mengganggu ritme sirkadian sehingga memicu gangguan tidur di malam hari dan menyebabkan kelelahan atau mengantuk saat siang hari.

  • Minimnya paparan sinar matahari pada anak-anak khususnya, dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan daya lihatnya. Sebuah hasil studi mengatakan defisiensi sinar biru bisa meningkatkan risiko miopi atau rabun jauh.

Bagaimana cara sinar biru memengaruhi mata?

Mata tidak bisa menyaring sinar biru, bahkan hampir semua sinar biru dapat melewati kornea, lensa, lalu mencapai retina. Oleh karenanya, sinar biru sangat memengaruhi daya lihat dan dapat menyebabkan penuaan dini pada mata. Beberapa riset berhasil menemukan bahaya sinar biru, dan berikut adalah detilnya:

1. Mata tegang

Sinar biru dari layar komputer atau alat digital bisa menurunkan kontras yang membuat mata jadi tegang. Faktor lain penyebab mata tegang adalah mata lelah, mata kering, kualitas pencahayaan yang buruk, serta bagaimana posisi seseorang di depan komputer. Gejala mata tegang meliputi sakit atau iritasi mata dan sulit konsentrasi.

2. Kerusakan retina

Berbagai hasil studi mendapati paparan sinar biru terus-menerus bisa merusak sel retina. Inilah yang menyebabkan degenerasi makula (terkait usia).

Apa yang bisa dilakukan untuk melindungi mata dari bahaya sinar biru?

Jika dalam keseharian, profesi menuntut Anda sering berhadapan dengan gadget atau komputer, maka coba terapkan beberapa tips berikut:

1. Ambil waktu break

Jika memungkinkan, kurangi penggunaan gadget dan komputer. Aktifkan itu seperlunya saja. Alternatif lain adalah dengan mengambil waktu break secara berkala ketika harus berkutat lama di depan komputer atau gadget.

2. Gunakan filter anti-radiasi

Layar pelindung, baik untuk komputer maupun gadget, selalu tersedia di pasaran . Anda bisa menggunakannya untuk meminimalisir paparan sinar biru ke mata (retina).

3. Pakai kacamata anti-radiasi

Kacamata anti-radiasi terbuat dari lensa kuning yang mampu menghalangi sinar biru. Memakainya dapat meminimalisir mata tegang karena lensa ini juga meningkatkan kontras.

4. Gunakan lensa anti-reflektif

Lensa ini bisa meminimalisir silau sekaligus meningkatkan kontras, dan memblokir bahaya sinar biru baik dari cahaya matahari maupun alat digital.

5. Lensa IOL (Intraocular)

Setelah menjalani operasi katarak, lensa mata yang ‘berawan’ biasanya diganti dengan lensa IOL ini. Secara umum, lensa ini dapat melindungi mata dari hampir semua sinar matahari dan beberapa sinar biru. Beberapa jenis IOL bahkan dapat melindungi mata dan retina dari bahaya sinar biru. Jadi sebelum operasi katarak, lebih baik konsultasikan dengan dokter mengenai jenis lensa IOL-nya.

6.Konsumsi Vitamin Mata

Selain dari faktor luar, mata juga perlu dilindungi dari dalam, yakni dengan cara konsumsi makanan sehat serta minum vitamin mata. Vitamin mata yang baik mengandung bilberry, lutein dan Zeaxanthin. Kandungan itu dapat ditemui di vitamin mata EYEVIT. EYEVIT yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, melindungi mata dari bahaya sinar biru, melindungi mata dari mata lelah, serta mengurangi mata minus.

Ya itulah tadi beberapa fakta mengenai keuntungan dan bahaya sinar biru, serta tips meminimalisirkannya. Semoga bermanfaat!

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2019 @ Eyevit
Disclaimer