Pentingnya Lutein dan Zeaxanthin Untuk Mata
Pentingnya-Zeaxanthin--Lutein.jpg

Bagian mata yang mengandung lutein dan zeaxanthin adalah terutama pada retina, sedikit di dalam lensa, beberapa lokasi lain di dalam mata. Sebagai bagian mata yang paling kaya akan nutrisi, retina juga merupakan bagian penting untuk ketajaman penglihatan. 

Sesungguhnya ada lebih dari 20 jenis karotenoid yang diperoleh dari makanan sehari-hari, tapi hanya lutein dan zeaxanthin yang mempunyai kemampuan dan tempat khusus dalam retina. Tugas utama mereka adalah menyaring sinar biru yang masuk ke retina dan langsung melakukan proses antioksidasi sehingga retina terhindar dari kerusakan atau yang kita kenal dengan degenerasi retina. Selain itu adanya lutein dan zeaxanthin dalam jumlah cukup akan meningkatkan ketajaman penglihatan dan mengurangi rasa silau pada mata. Hasil akhir dari kerusakan retina adalah kebutaan.

Pada usia dini peranan lutein dan zeaxanthin ini sangat vital di mana lensa masih bersifat transparan dan dapat ditembus semua cahaya hingga 95%. Dengan berjalannya waktu lensa akan mengalami perubahan menjadi lebih keruh dan berwarna kekuningan, hingga fungsi penyaringannya akan menurun dan menginjak usia 40 tahun kembali akan lebih mengandalkan lutein dan zeaxanthin. 

Lutein dan zeaxanthin memang dapat diperoleh dari makanan sehari-hari, yaitu sayur dan buah yang berwarna hijau tua, merah, orange dan kuning, termasuk juga kuning telur. Memastikan keduanya terpenuhi dalam diet sehari-hari sangatlah penting. Dalam keadaan tertentu seperti nafsu makan menurun atau penyakit tertentu yang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi bahan makanan tersebut di atas, maka pemberian suplemen akan menjadi solusi. Demikian pula bila anda tidak yakin jumlah konsumsi bahan makanan tersebut tercukupi, jangan ragu untuk menyempurnakannya dengan pemberian suplemen karena banyak penelitian membuktikan perbaikan penglihatan dengan pemberian suplemen yang mengandung di antaranya lutein dan zeaxanthin.

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2019 @ Eyevit
Disclaimer