7 Kebiasaan Ini Ternyata Sebabkan KERUSAKAN MATA
Buat-Yang-Belum-Tahu,-8-Kebiasaan-Ini-Ternyata-Sebabkan-KERUSAKAN-MATA-Vitamin-Mata-EYEVIT.jpg

Tak dapat dipungkiri kalau di dunia ini, banyak sekali beredar kepercayaan mengenai kesehatan mata. Banyak yang percaya kalau menonton TV terlalu dekat atau membaca di ruangan gelap bisa menyebabkan kerusakan mata. Oleh karenanya, nasihat mengenai hal inipun terus digemakan turun-temurun.

Masalahnya sekarang, kita lupa kalau kebiasaan sepele seperti lupa memakai kacamata hitam saat matahari sedang terik juga bisa merusak mata. Nah untuk tahu lebih lanjut soal kebiasaan apa saja yang mampu sebabkan kerusakan mata, mari simak ulasan berikut:

 

1. Lalai periksa mata secara rutin

Selain gigi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, mata sebenarnya juga harus diperiksakan rutin setiap tahunnya. Anda tetap harus memeriksakan mata secara rutin, bahkan bila tahun demi tahun, dokter selalu mengatakan minusnya tetap. Lagipula, siapa yang bisa menjamin kalau itu takkan bertambah tahun ini?!

Manfaat periksa mata rutin lainnya adalah sebagai upaya pencegahan. Banyak sekali penyakit mata berbahaya yang bisa dideteksi dini, sebelum itu menggerogoti daya lihat. Jika Anda sudah lama tidak periksa mata, maka inilah saat yang tepat untuk mulai melakukannya.

 

2. Menatap komputer terlalu lama

Pertama-tama ketahuilah kalau aksi menatap ke layar tidaklah menyebabkan kerusakan mata seperti yang kita pikir selama ini. Yang jadi masalah adalah kalau kita terlalu lama melakukannya. Faktanya, saat menatap layar komputer (maupun gadget), mata jarang berkedip sehingga menjadi kering. Untuk itu, jadwalkan waktu break rutin saat bekerja sehingga mata bisa beristirahat.

 

3. Berpanas-panas ria tanpa perlindungan

Anda mungkin selalu mengoleskan sunblok ketika pergi ke pantai. Tapi bagaimana dengan kacamata hitam, apakah Anda rutin mengenakannya juga?! Jika tidak, maka kasihan sekali mata Anda.

Sama seperti kulit, mata tetap perlu perlindungan dari paparan sinar UV yang jahat. Salah satu gangguan mata yakni fotokeratitis tak hanya memicu sakit mata, namun juga pandangan kabur hingga buta sementara. Hasil studi tahun 2014 lalu juga mendapati mereka yang sering berpanas-panas ria di bawah matahari sepanjang hidupnya lebih rentan terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia.

 

4. Merokok

Kebanyakan orang tahunya rokok itu bisa menyebabkan kanker dan jantung. Hanya sedikit saja yang paham kalau rokok erat kaitannya dengan kerusakan mata. Salah satu efek rokok yang tak dapat diputarbalikkan adalah degenerasi makula. Selain itu, batang berasap ini juga meningkatkan risiko katarak, kerusakan pembuluh darah, dan uveitis.

 

5. Tetap pakai lensa kontak saat tidur malam

Memang tidak enak kalau harus tidur dan terbangun dengan pandangan kabur. Namun ini lebih sehat ketimbang memakai lensa kontak semalam-malaman. Memakai lensa kontak selagi tidur membuat mata kekurangan pasokan oksigen, dan ini dapat memicu infeksi.

Bagaimana kalau lensa kontaknya memang didesain untuk dipakai semalaman?! Ada kasus dimana seorang pria mengalami buta sementara pada salah satu matanya akibat memakai lensa kontak tipe ini. Dan bila diteruskan, bukan tidak mungkin penderitanya harus menjalani operasi pengangkatan bola mata. Mengerikan ya?!

 

6. Salah pilih obat tetes

Meski kebanyakan obat tetes didesain mirip air mata, namun tak berarti kalau Anda boleh menatap komputer atau membaca terus-menerus tanpa henti. Alasannya karena tak semua produk itu sama dan boleh dipakai sembarangan.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat tetes steroid untuk mengobati infeksi. Jadi produk ini tak boleh digunakan layaknya obat tetes biasa. Penggunaan berlebihan obat tetes mata semacam ini malah meningkatkan risiko katarak, glaukoma, serta infeksi. Jadi segera hentikan pemakaian kalau memang sudah sembuh.

 

7. Lalai memilih makanan

Banyak yang salah memilih makanan sehari-hari sehingga lalai dengan makanan sehat. Kebiasaan makan-makanan fastfood, makanan instan, softdrink, dapat menjadi pemicu kerusakan pada mata. Mata yang kekurangan nutrisi dari makanan sehat bisa mengalami kerusakan secara permanen.

Oleh karena itu penuhi kebutuhan nutrisi dari makanan sehat dan juga bisa dibantu dengan tambahan nutrisi dari vitamin mata yang memiliki kandungan seperti Beta-caroten, Lutein, Zeaxanthin, dan antisianosida seperti pada buah bilberry.

 

Tambahan : Menggosok mata

Kebiasaan buruk terakhir yang dapat menyebabkan kerusakan mata adalah menggosok mata. Pada kondisi ekstrim, kornea bisa tergores karenanya dan sensasinya bisa sangat menyakitkan. Menggosok mata berlebihan juga bisa memperparah sensasi gatalnya, serta membuat bakteri berpindah dengan mudah dari tangan ke mata. Jadi, untuk mengatasi gatal pada mata akibat alergi, lebih baik gunakan kompres dingin saja.

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2019 @ Eyevit
Disclaimer