Kepercayaan Mengenai Mata Minus Berikut Kira-Kira Mitos Belaka Atau Fakta Ya
Mitos-Atau-Fakta-Kepercayaan-Mengenai-Mata-Minus-Vitamin-Mata-EYEVIT.jpg

Mata minus (miopi) merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat obyek jarak jauh dengan jelas. Penderita miopi biasanya harus mengenakan alat bantu, entah itu kacamata atau lensa kontak, agar bisa melihat obyek jarak jauh dengan jelas.

Nah kalau Anda salah satu penderita mata minus, pastilah pernah mendengar opini tertentu yang mengatakan harus melakukan ini atau itu agar minus tak bertambah. Beberapa di antara saran tersebut mungkin benar, namun ada juga yang hanya mitos belaka. Karena itu pada artikel kali ini, kita akan menguak bersama kebenaran dari beberapa mitos mata minus berikut:

 

1.Pakai kacamata bisa menambah minusnya

Tentu saja hal ini tidak benar, apalagi kalau ukuran lensanya sudah sesuai seperti yang diresepkan dokter. Bagi beberapa orang, lensa ini tidak bisa membantu mereka saat melihat obyek jarak dekat. Karenanya mereka harus melepas kacamata kalau ingin melihat jarak dekat, atau memilih lensa bifokal.

Lain halnya jika kacamata yang digunakan menyebabkan sakit kepala atau mata tegang, maka bisa jadi ukuran minusnya tersebut terlalu tinggi atau sebaliknya, terlalu rendah. Kalau ini sampai terjadi, lakukan tes mata ulang ke dokter atau optik terpercaya untuk mencari tahu apakah minus bertambah atau tidak.

 

2.Kalau ukuran minus lensanya lebih rendah maka itu bisa mencegah bertambahnya minus

Padahal faktanya, menggunakan ukuran lensa yang tidak sesuai bisa memicu mata malas (ambliopia) sehingga malah memperparah kondisi miopi yang sudah ada.

 

3.Kalau minusnya diidap sejak kecil, maka itu akan berkurang atau bahkan hilang sendiri seiring bertambahnya usia

Memang benar kalau gangguan mata miopi biasanya berkembang ketika usia anak-anak. Namun hingga kini belum ada bukti yang menyatakan kalau orang dewasa tidak bisa mengalaminya juga. Selain itu, tidak ada jaminan juga bahwa kalau mata minus yang diidap sejak kecil bisa berkurang atau hilang seiring bertambahnya usia. Hal ini mungkin pernah terjadi pada beberapa orang, namun belum tentu itu bisa dialami semua orang.

 

4.Prosedur LASIK bisa menghilangkan miopi sepenuhnya dan selamanya

Dibanding mengenakan kacamata atau lensa kontak, memang LASIK merupakan metode mengatasi mata minus yang dapat dijadikan alternatif. LASIK bekerja dengan cara membentuk ulang kornea sehingga fokus cahaya ke mata jadi lebih baik. Prosedur ini dapat mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.

Akan tetapi pada dasarnya, LASIK tidak bisa memutar-balikkan akar permasalahan penyebab mata minus, yang mana biasanya terjadi karena bola mata terlalu panjang. Selain itu, pertambahan usia, gangguan mata lain, dan faktor lainnya mungkin akan memaksa Anda memakai kacamata lagi.

 

5.Muncul-tidaknya miopi bisa dikontrol dari kebiasaan kita dalam menggunakan mata

Sayangnya tidak demikian karena mata minus itu rata-rata disebabkan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Jadi kita tak bisa mencegah kemunculan mata minus.

 

6.Kacamata baca atau pinhole bisa mencegah miopi

Memang belakangan marak dijual kacamata pinhole yang katanya bisa mencegah miopi atau memperlambat pertambahan minus. Tapi belum ada riset terpercaya yang mendukung klaim tersebut. Dan bagi beberapa, kacamata baca ataupun bifokal memang efektif, namun itu tidak bisa diterapkan bagi semua orang. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah Anda bisa mendapat keuntungan dari kacamata baca atau bifokal, masih harus dilakukan pemeriksaan lebih dulu.

 

7.Lensa kontak dapat mencegah miopi atau memperlambat pertambahan minus

Di masa lampau memang tak banyak yang merasakan efek menggembirakan tersebut. Namun riset belakangan menunjukkan kalau softlens memang dapat memperlambat pertambahan minus pada beberapa orang. Anda mungkin salah satu yang mengalaminya?!

 

8. Minum Vitamin mata tidak bisa menyembuhkan mata minus

Minum vitamin mata memang tidak dapat menyembuhkan mata secara instan, namun minum secara rutin memiliki efek yang signifikan dalam meperbaiki mata. Vitamin mata bekerja dengan memperbaiki dari dalam, dengan nutrisi dari vitamin mata yang lengkap dan baik, regenerasi untuk memperbaiki mata dapat bekerja lebih optimal dan lebih baik. Oleh karena itu minum vitamin mata yang lengkap dengan kandungan bilberry, Lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu kelenturan lensa mata sehingga bisa sembuh dari myopia atau mata minus.

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer