5 Kebiasaan yang Membuat Mata Sehat
5-langkah.jpg

Mata adalah salah satu indera yang paling penting bagi manusia. Oleh sebab itu sangat perlu untuk mengetahui cara-cara yang dapat membuat mata lebih sehat. Dengan menerapkan pola hidup yang benar, secara tidak langsung mata juga akan lebih sehat dan lebih lama terhidar dari penyakit degenerasi.

Pola hidup atau kebiasaan buruk yang tanpa disadari dilakukan terus- menerus dalam kehidupan sehari-hari akan mempercepat proses degenerasi pada mata. Kebiasaan ini meliputi makanan yang dikonsumsi maupun perbuatan yang kurang tepat.

Berikut 5 hal yang bermanfaat bagi mata :

Konsumsi sayuran dan buah berwarna merah dan oranye seperti tomat, strawberry, dan wortel. Kandungan vitamin A -nya yang cukup besar serta antioksidan didalamnya sangat bagus untuk melawan radikal bebas. Disamping itu nutrisi yang terkandung didalamnya sangat baik buat kesehatan mata.

Hindari sinar matahari yang langsung mengenai mata, terutama pada siang hari. Memakai kacamata UV akan sangat membantu mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke mata, bisa juga menggunakan topi dengan pinggiran lebar.

Menjaga kestabilan kadar gula dalam darah juga akan sangat membantu. Terutama pada penderita diabetes akut, meningkatnya kadar gula akan membuat pandangan mata menjadi kabur. Pada kasus yang ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

Tidur yang cukup akan membuat mata lebih sehat. Seperti juga organ yang lain ada saatnya bagi mata untuk benar-benar rileks. Tidur 6-8 jam akan membuat mata terasa lebih segar dan sejuk. Sehingga terhindar dari apa yang disebut dengan belek-an atau keluarnya kotoran mata pada saat terbangun dari tidur.

Membaca di bawah sinar yang cukup, seringkali tanpa sadar orang  membaca di ruangan yang redup. Hal ini memaksa mata bekerja lebih keras yang mengakibatkan syaraf-syaraf mata menjadi lebih tegang. Kebiasaaan yang dilakukan berulang-ulang akan berakibat mata menjadi minus dan silinder.

 

Sumber : artikelkesehatanwanita.com

Copyright 2016 @ Eyevit
Disclaimer