Perempuan Usia Produktif Sering Alami 4 Gangguan Mata Ini. Benarkah?
perempuan_produktif.jpg

Padatnya aktivitas sehari-hari, penatnya rutinitas dan banyaknya kewajiban yang harus diselesaikan terkadang membuat beberapa alat indera mengalami penurunan fungsi kerja. Salah satunya yang paling sering dirasakan adalah pada mata.

Pada perempuan di usia produktif atau usia kerja, peran mata yang sehat sangatlah dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, beberapa masalah pada mata terkadang sulit untuk dihindari. Untuk para perempuan, khususnya di usia produktif, berikut 4 gangguan mata yang sering dialami.

  1. Mata Lelah (Astenopia)

Astenopia atau mata lelah umumnya merupakan gangguan pada mata yang diakibatkan oleh terlalu seringnya mata berakomodasi melakukan kegiatan jarak dekat di waktu yang bersamaan atau berdekatan. Misalnya terlalu sering menatap layar laptop atau gadget lainnya dan kemudian membaca buku tanpa ada jeda waktu istirahat. Apabila kegiatan ini dilakukan terus menerus, lama kelamaan mata akan menjadi mudah lelah, dan mengakibatkan pandangan menjadi kabur, pedih, rasa tidak nyaman disekitar mata, dan aktivitas menjadi terganggu.

2. Computer Vision Syndrome (CVS)

Gangguan mata yang satu ini sudah jelas diakibatkan oleh terlalu lamanya mata digunakan untuk menatap layar komputer. Hal tersebut biasanya terjadi tanpa kita sadari, karena terlalu asyik bekerja sehingga lupa mengistirahatkan mata. Gejala yang dirasakan kurang lebih sama seperti astenopia, namun biasanya dibarengi dengan nyeri di bagian bahu, punggung, dan leher.

3. Refraksi

Refraksi adalah gangguan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi tidak bisa memantulkan cahaya dengan benar, sehingga penglihatan nampak kabur. Kelainan refraksi yang biasa dialami perempuan di usia produktif adalah rabun jauh (myopi) dan kelainan silindris (astigmatisma). Sedangkan refraksi yang terjadi pada usia diatas 40 tahun biasanya adalah mata plus (prebiopi).

Gejala refraksi umumnya ditandai dengan kaburnya penglihatan sehingga membuat mata kesulitan memandang objek dekat atau jauh. Apabila Anda mulai merasakan gejala tersebut, ada baiknya Anda segera mengkonsultasikannya ke dokter mata.

4. Mata Kering

Gangguan mata yang terakhir yang sangat umum dirasakan pada usia kerja atau usia produktif adalah mata kering. Mata kering diakibatkan oleh kurangnya cairan pada mata, bisa karena terlalu sering terpapar AC atau sinar matahari, terlalu lama menatap layar, atau dehidrasi. Untuk mengatasinya, lakukan kegiatan sederhana seperti mengedipkan mata kapanpun ketika Anda merasa mata Anda mulai kering atau pedih.

Itulah beberapa gangguan pada mata yang biasa dialami perempuan di usia produktif. Mulai sekarang, perhatikan kegiatan Anda, porsikan waktu kerja dan waktu istirahat untuk mata Anda. Selain itu, rajinlah mengonsumsi makanan yang bergizi dan konsumsi suplemen mata seperti Eyevit. Vitamin mata Eyevit mengandung kebaikan ekstrak bilberry, zat aktif luthein dan zeaxanthin yang siap menjaga mata Anda tetap sehat dan vit selalu. Jadi, jagalah kesehatan mata Anda, jangan sampai kegiatan Anda terganggu.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer