Tips Memilih Gadget Agar Mata Tidak Cepat Rusak
tips_memilih_gadget_agar_mata_tidak_cepat_rusak.jpg

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini membawa serta banyak kecanggihan teknologi yang dibuktikan dengan hadirnya berbagai macam gadget canggih. Namun berbagai kecanggihan ini harus disikapi secara bijak, terlebih yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir dampak buruk gadget pada mata, salah satunya adalah pintar dalam memilih gadget. Lalu, gadget yang seperti apa yang harus dipilih?

  1. Pilih Layar Dengan Jenis LCD atau LED

Saran ini lebih ditujukkan ke pengguna PC. Jika dulu Anda masih menggunakan monitor CRT, ganti layar digital anda dengan teknologi yang terkini seperti LCD atau LED. Monitor dengan teknologi terkini memiliki refresh rate jauh lebih tinggi ketimbang CRT (diatas 60 Hz), sehingga bisa mengurangi flicker (kedipan). Mungkin kita tidak begitu merasakannya secara langsung, tetapi makin banyak kedipan di monitor akan membuat mata cepat lelah.

2. Pilih Layar Tipe Matte (Anti Reflektif)

Layar LED cenderung memiliki tipe layar yang lebih glossy atau reflektif, sehingga gejala Digital Eye Strain akan lebih mudah terjadi. Meskipun layar LED lebih jernih dan enak dipandang, namun ada baiknya Anda memilih layar dengan tipe matte atau LCD yang lebih anti refleksi.

3. Blue Light Filter

Gadget atau smartphone terkini sudah banyak yang memiliki blue light filter. Filter ini berfungsi mengubah layar gadget menjadi warna kuning, yang berguna untuk mengurangi radiasi sinar biru terutama pada malam hari.

4. Install FLUX

FLUX merupakan aplikasi gratis yang berfungsi untuk mengubah suhu warna layar gadget secara otomatis ataupun manual. Suhu warna yang hangat (>5000 K), ternyata dapat mengurangi efek buruk dari sinar biru.

Beberapa tips singkat di atas dapat Anda lakukan pada saat memilih gadget. Pastikan gadget yang Anda pilih  nyaman digunakan, selain nyaman untuk kegiatan dan bekerja, juga nyaman untuk mata Anda.

Untuk menjaga mata Anda tetap sehat, jangan lupa untuk sellau konsumsi vitamin mata era digital, Eyevit, ya.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer