3 Cara Jitu Untuk Tangkal Sinar Biru Gadget
3_Cara_Jitu_Untuk_Tangkal_Sinar_Biru_Gadget.jpg

Sinar biru merupakan pancaran sinar radiasi yang memantul dari layar gadget berteknologi seperti, tablet, smartphone, laptop, juga PC. Pada mulanya, sinar biru ini dibuat menyerupai komponen sinar matahari yang membuat manusia bangun dan beraktifitas pada pagi hingga siang dan pada malam hari bersitirahat.

Secara positif, sinar biru ini bermanfaat membuat manusia semakin produktif, fokus, dan tetap terjaga meski badan terasa sedikit lelah. Sinar biru ini mampu memengaruhi waktu tidur dan bangun agar lebih teratur. Namun ada dampak buruknya ketika sinar biru ini tetap memancar pada malam hari, karena akan mengganggu siklus tidur dan membuat pengguna gadget semakin fokus terjaga.

Secara ilmiah dan teknis, sinar biru yang memancar mampu mengurangi produksi hormon perangsang tidur yaitu melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan badan sudah sangat lelah, maka manusia yang terpancar sinar biru ini tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin. Untuk itu, bila ada hal-hal yang memaksa Anda untuk tetap stand by pada gadget, berikut ini cara untuk menagkal bahaya dan dampak buruk sinar biru gadget.

1.Gunakan aplikasi ini untuk mengurangi bahaya sinar biru

f.lux merupakan sebuah aplikasi blue light filter terbaik untuk digunakan pada PC berbasis windows atau Mac. f.lux nantinya akan memfilter bahaya sinar biru secara otomatis dengan menimbulkan warna kekuningan pada layar komputer atau laptop ketika menunjukan waktu sore sampai pagi hari, di waktu yang telah ditentukan sesuai jamnya. Pada siang hari, f.lux akan dinonaktifkan. Ketika malam hari tiba, secara otomatis  ia akan kembali menyala dan memfilter bahaya sinar biru.

2.Gunakan juga pada smartphone

Salah satu sumber pancaran sinar biru berasal dari smartphone. Maka Anda juga disarankan untuk menggunakan aplikasi yang memfilter pancaran siar biru. Untuk smartphone dengan sistem operasi Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Twilight, aplikasi filter sinar biru yang tersedia di Google Play. Dan untuk pengguna iPhone atau iPad, Anda  bisa mengaktifkan fitur Night Shift pada iOS 9.3.

3.Mengaktifkan mode gelap

Bila Anda tidak ingin menggunakan aplikasi atau lainnya, sadari bahwa gadget Anda sesungguhnya punya fitur tersendiri untuk membantu mengurangi pancaran sinar biru. Beberapa sistem operasi, tentunya memiliki fitur dark theme, dark mode atau yang biasa disebut dengan mode gelap. Berfungsi mengubah tampilan menjadi gelap ketika menggunakannya di ruangan gelap atau malam hari. Ketika telah mengaktifkan mode gelap, setidaknya bahaya dari pancaran sinar biru ini tidak terasa. Selain bisa mengurangi dampak dari sinar biru, mode gelap juga berguna untuk menghemat baterai. Sistem operasi berikut ini memiliki fitur mode gelap masing-masing, diantaranya Windows 10, Android Nougat, dan juga iOS.

Sinar biru memang dikonsepkan untuk memberikan kenyamanan dan fokus bagi mata. Namun, bila fokus terjadi berlebihan maka dampak buruknya juga akan terasa cukup merugikan. Memang baik melakukan pencegahan dari luar namun lebih baik pula bila ditambah dengan perlindungan dari dalam. Eyevit, merupakan suplemen mata era digital, yang mengandung zat baik dari Bilberry, Luthein, dan Zeaxanthin yang secara aktif akan melindungi mata dari paparan sinar biru gadget. Dengan formula yang sempurna, Eyevit suplemen mata, memang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer