Kenali Penyebab Mata Belekan Pada Anak dan Balita
Kenali_Penyebab_Mata_Belekan_Pada_Anak_dan_Balita.jpg

Salah satu gangguan pada mata yang sering dialami, tak terkecuali oleh anak dan balita adalah belekan. Belek atau kotoran mata merupakan gabungan dari lendir, minyak, sel kulit, dan kotoran lainnya yang ada pada mata kita. Belek sebenarnya bisa muncul kapan saja, namun produksinya semakin besar ketika sedang tidur. Belek akan berkumpul di sudut mata dalam bentuk kering atau basah dan akhirnya mengeras.

Kasus mata belekan pada anak dan balita dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Alergi

Salah satu penyebab mata belekan pada anak adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal, perlu dilakukan tes alergi untuk mengetahui penyebabnya. Ketika anak mengalami hidung meler yang menghasilkan cairan dan membuat mata menjadi kemerahan, ada kemungkinan ia terserang alergi. Ia akan merasakan gatal pada mata dan membuat mata terus menerus mengeluarkan kotoran.

Jika sudah demikian, lakukan penangangan pertama dengan cara tempelkan lap basah yang sejuk untuk meredakan gatal pada mata anak. Setelahnya, pergilah ke dokter mata untuk diberikan resep antihistamine yang aman untuk anak.

2. Infeksi Sinus

Bila anak Anda mengalami pilek yang berkelanjutan, bahkan tidak kunjung sembu meski sudah diberi obat, ada kemungkinan ia terkena infeksi sinus. Efek samping dari sinus adalah hidung tersumbat. Nyeri dibagian dalam hidung, dan menghasilkan kotoran mata yang berwarna kehijauan. Jika sudah demikian, segeralah bawa anak ke dokter. Untuk mengurangi kotoran pada mata anak, gunakan lap basah untuk membersihkannya.

3. Konjungtivis Oleh Bakteri

Konjungtivis merupakan infeksi yang terjadi pada satu mata dan biasanya dapat menyebar ke mata satunya. Gejala-gejala konjungtivis yang terlihat antara lain munculnya kotoran kekuningan atau kehijauan di sekitar mata. Setelahnya, mata akan terlihat kemerahan dan membengkak. Hal ini terjadi karena faktor bakteri yang masuk ke dalam mata anak.

4. Konjungtivis Oleh Virus

Selain karena bakteri, konjungtivis juga bisa disebabkan oleh virus. Konjungtivis oleh virus dapat dikenali dengan gejala terdapatnya kotoran berwarna putih atau jernih pada satu mata, dan menyebar ke mata lainnya, disertai oleh masalah pernafasan atas. Anda bisa mengobatinya dengan memberikan perban steril untuk setiap mata, atau hubungi dokter untuk memastikan diagnosa.

Penyebab-penyebab mata belekan pada anak dan balita di atas dapat diatasi dengan pemberian obat mata seperti tetes mata atau salep mata. Untuk mencegahnya, berikan anak Anda suplemen atau vitamin mata yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan mata.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer