Hindari Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Mata Anda Sehat
Hindari_Kebiasaan_Buruk_Ini_Jika_Ingin_Mata_Anda_Sehat.jpg

Banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang mengharuskan mata kita bekerja lebih keras membuat kita harus selalu aware dengan kesehatan mata. Berbagai hal yang sering dilakukan hingga lambat laun menjadi sebuah kebiasaan pun sering kita lakukan, yang tanpa sadar ternyata dapat berakibat kurang baik pada kesehatan mata. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut? Simak penjelasan Eyevit berikut ini!

1. Mengucek Mata Dengan Tangan

Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan pada mata adalah mengucek mata. Hal ini biasa dilakukan ketika dirasa ada sesuatu yang mengganggu penglihatan, atau ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat kita spontan akan mengucek mata dengan tangan. Tanpa disadari, kebiasaan mengucek mata dengan tangan dapat membuat mata menjadi lebih mudah terkena gangguan lain, seperti mata merah, dan juga infeksi.

Kondisi tangan ketika mengucek mata, yang kita tidak tahu apakah bersih atau kotor, dapat membawa kuman dan virus lainnya masuk ke dalam mata. Selain itu, mengucek mata yang terlalu keras dapat membuat mata menjadi luka dan akhirnya infeksi. Sebaiknya kurangi kebiasaan ini dan lebih baik gunakan obat tetes mata untuk membersihkan mata.

2. Tidak Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Rutin memeriksakan kondisi mata ke dokter spesialis mata dapat berguna untuk mendeteksi gangguan pada mata, penyakit mata, dan masalah kesehatan lainnya yang tanpa disadari beresiko pada kesehatan mata. Selain itu, periksa mata secara rutin menjadi penting karena ada beberapa penyakit pada mata, seperti glaukoma, yang gejalanya tidak bisa dilihat secara umum, yang berarti perlu pemeriksaan lebih lanjut. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai menyusun jadwal pemeriksaan mata untuk mengetahui kondisi mata Anda saat ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

3. Kurang Bersihnya Perawatan Lensa Kontak

Masyarakat sekarang ini cenderung lebih nyaman dan percaya diri menggunakan lensa kontak dibandingkan dengan kacamata. Penggunaan lensa kontak sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak disarakankan oleh dokter mata, karena dapat menambah resiko kerusakan mata. Namun jika Anda lebih memilih untuk tetap menggunakan lensa kontak, pastikan Anda tahu bagaimana perawatannya yang baik dan benar.

Pastikan tangan Anda bersih pada saat memasang dan melepas lensa kontak dari mata Anda. Selain itu, sebelum tidur, pastikan Anda sudah melepas lensa kontak. Kebersihan merupakan hal utama dalam penggunaan lensa kontak. Jangan sampai mata Anda terkena infeksi dan iritasi karena perawatan lensa kontak yang salah.

4. Kebiasaan Makan yang Buruk

Kesehatan mata juga lebih kurang dipengaruhi oleh kebiasaan kita dalam mengonsumsi makanan. Di jaman modern dan instan sekarang ini, tingkat konsumsi sayur dan buah oleh masyarakat semakin berkurang. Tingginya tingkat mobilitas dan padatnya kegiatan sehari-hari membuat masyarakat lebih memilih memakan makanan cepat saji atau junk food yang lebih praktis dan menghemat banyak waktu.

Konsumsi daging, ayam, ikan serta makanan olahan lainnya tetap diperbolehkan, namun imbangi juga dengan konsumsi buah dan sayur. Mata kita tetap memerlukan nutrisi berupa zat-zat baik dan vitamin agar kesehatannya tetap terjaga dari dalam tubuh. Imbangi juga dengan konsumsi suplemen mata sehingga kesehatan mata akan semakin terjamin.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari berpengaruh terhadap kesehatan mata. Maka dari itu, mulailah sejak dini bersikap lebih aware dengan kesehatan mata kita. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer