Apa Saja Sih Gejala Mata Minus? Berikut 5 Gejala Pada Penderita Mata Minus
apa_saja_gejala_mata_minus.jpg

Mata minus merupakan keadaan mata yang tidak normal karena berkurangnya fokus pada jarak tertentu. Mata minus ini juga lebih akrab dibilang rabun jauh, yang berarti dalam radius normal beberapa meter mata sudah tidak bisa melihat dengan fokus dan jelas. Penyebab mata minus memang bermacam-macam, mulai dari gaya hidup hingga faktor keturunan atau pun bawaan. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala bisa seseorang mengalami kondisi mata minus atau rabun jauh.

1. Pandangan buram atau kabur

Mengalami mata minus jelas yang terasa adalah kondisi pandangan yang buram karena tidak fokus. Kondisi mata buram ini bisa jadi disebabkan menurunnya kemampuan retina dalam menangkap objek yang dipandang dalam radius normal beberapa meter dan untuk ukuran objek sedang hingga kecil.

2. Sakit kepala atau pusing

Karena fokus penglihatan yang berkurang, ini juga mempengaruhi kondisi syaraf yang bekerja. Pandangan mata yang memburam mengharuskan syaraf untuk bekerja lebih kuat dan akhirnya menjadi tegang sehingga menyebabkan kaku di daerah tengkuk dan kepala menjadi terasa pusing atau sakit.

3. Butuh melihat lebih dekat

Ciri-ciri penderita mata minus adalah biasanya mereka butuh melihat objek dengan jarak yang dekat. Sehingga bila melihat sesuatu terkadang mereka akan maju atau mendekatkan diri pada objek tersebut.

4. Sering mengucek mata

Biasanya penderita mata minus yang belum menyadari kondisinya akan nampak lebih sering mengucek mata sembari mendekatkan objek yang dipandang ke dekat mata. Hal ini terjadi mungkin karena sang penderita merasa tidak nyaman atau ada yang menghalangi pandangan mata dan berusaha untuk menyisihkan gangguan pandangan tersebut.

5. Lebih sulit melihat pada malam hari

Ketika hari berganti menjadi malam, dan kondisi sedang berada di luar ruangan dengan penerangan yang terbilang cukup (misalkan kondisi tempat adalah jalan raya), pandangan penderita mata minus justru terasa lebih parah karena sangat kurang jelas. Sangat berbahaya apabila sedang dalam kondisi menyetir di malam hari, dan gangguan ini juga bisa disebut dengan night myopia.

Pada era modern dan berteknologi seperti jaman sekarang ini, banyak sekali faktor eksternal penyebab kerusakan mata. Salah satunya adalah penggunaan gadget, karena gadget memiliki pancaran sinar biru yang meradiasi mata dan dapat menyebabkan kondisi mata yang normal jadi memburuk. Untuk mengatasi dan mengantisipasi hal tersebut, Eye Vit, suplemen mata era digital hadir dengan kandungan esktrak Bilberry, Luthein, dan Zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi dan memperkuat sistem penglihatan. Sebagai suplemen, Eye Vit aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer