Cara Berikut Ini Ampuh Untuk Atasi Minus Pada Mata Anak Anda
Cara_Berikut_Ini_Ampuh_Untuk_Atasi_Minus_Pada_Mata_Anak_Anda!.jpg

Penyakit mata minus memang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak sekalipun. Penyebab mata minus pada anak bisa dikarenakan kebiasaan menonton TV dan bermain gadget dengan jarak mata yang terlalu dekat, membaca buku sambil tiduran, terlalu sering bermain game di gadget, ataupun karena faktor genetik.

Tapi jangan khawatir, Anda sebagai orang tua dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi mata minus pada anak Anda. Simak penjelasannya, ya!

1. Menggunakan Kacamata Dengan Ukuran yang Pas

Memilih kacamata dengan ukuran yang pas, yang sesuai dengan besarnya minus pada mata, merupakan hal yang sangat penting. Karena apabila kacamata yang dipilih terlalu over koreksi, atau under koreksi, justru akan mengakibatkan pusing dan minus bertambah.

2. Atur Jarak Aman Mata

Sebagai orang tua, sudah sewajibnya Anda mendampingi atau memberikan pengawasan kepada anak ketika sedang bermain gadget, menonton TV ataupun membaca buku. Seringkali anak-anak melakukan kegiatan tersebut dengan jarak mata yang terlalu dekat dengan subjek. Jarak aman mata dengan TV, dan komputer adalah 60 cm, sementara dengan buku adalah 40-45 cm.

3. Melakukan Treatment Penglihatan

Cara selanjutnya yang bisa Anda ajarkan pada anak adalah dengan mengajaknya melakukan treatment penglihatan. Caranya, lakukan aktivitas penglihatan jarak dekat dan jarak jauh secara bergantian. Contohnya seperti berhenti membaca setelah 45 menit, kemudian memejamkan mata selama 10 menit. Selanjutnya, arahkan mata untuk melihat objek lain dengan jarak yang jauh sambil melakukan peregangan.

4. Berikan Anak Aktivitas Lain

Gadget memang saat ini seolah menjadi ‘teman bermain’ anak, mengalahkan aktivitas-aktivitas outdoor lainnya. Anda sebagai orang tua, sebaiknya memberikan aktivitas lain pada anak, seperti les musik ataupun mengikuti klub olahraga, karena aktivitas diluar ruangan akan meningkatkan dopamin yang bisa mencegah pertambahan panjang bola mata.

5. Terapi Daun Sirih

Cara lainnya untuk mengurangi minus pada mata anak juga bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan menggunakan daun sirih. Caranya tempelkan daun sirih segar yang bersih pada kelopak mata anak sebelum tidur dan diamkan semalaman. Anda bisa melepas pada keesokan harinya diwaktu pagi.

6. Gizi yang Cukup dan Konsumsi Vitamin Mata

Selain melakukan cara-cara di atas, lengkapi semuanya dengan memenuhi anak dengan kebutuhan gizi yang cukup. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E, dan beta karoten tinggi seperti blackcurrant, wortel, tomat dan billberry. Juga berikan vitamin mata pada anak, seperti Eyevit, yang mengandung billberry, luthein dan zeaxhantine yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selalu siapkan Eyevit di rumah untuk pastikan kondisi mata Anda sehat dan prima sepanjang waktu, ya!

Vitamin Mata Eyevit mengandung bilberry, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer