Operasi PRK Untuk Mata, Operasi Alternatif Selain Lasik
operasi_prk,_alternatif.jpg

Selama ini orang mengenal secara umum operasi lasik sebagai alternatif penyembuh atau untuk menghilangkan gangguan minus mata atau mengurangi kadar minusnya. Namun, adanya beberapa pertimbangan bisa saja terjadi  dan cukup membuat masih adanya beberapa orang merasa ragu akan terjaminnya operasi lasik, Meskipun sudah banyak yang merasakan manfaat dan hasilnya. Maka adalah tindakan medis yang dikenal dengan operasi PRK untuk mata, sebagai alternatif lain dari operasi lasik mata.

Yuk, kenali operasi photorefractive  atau PRK, operasi alternatif selain lasik untuk mata.

Yang membedakan antara operasi lasik dan PRK adalah : pada operasi lasik, kornea mata pasien di iris terlebih dahulu sebelum akhirnya dilaser. Operasi lasik dan PRK sama-sama mampu memulihkan penglihatan yang sebelum bermasalah dengan kondisi yang sangat serius, seperti rabun jauh, rabun senja hingga mata jereng atau astigmatisme. Cara kerjanya pun juga  sama-sama mengubah bentuk kornea agar penglihatan kembali normal.

Perbedaannya terletak pada tempat yang dilaser. Pada operasi lasik, laser mengubah bentuk lapisan dalam kornea tanpa harus melepas lapisan luar. Sementara untuk tindakan operasi PRK, yang dilakukan adalah melepas lapisan luar secara total sebelum pada akhirnya kornea di laser. Perbedaan lain adalah pada masa pemulihan yang lebih lama. Diketahui dan dilansir melalui Lasik.com, bahwa pasien operasi PRK biasanya mengalami rasa ketidaknyamanan lebih lama. Sebabnya, lapisan luar kornea yang dilepas membutuhkan waktu lama untuk pulih.

Bila bicara soal paska operasi, rasa nyeri dapat terasa hingga tiga hari paska operasi. Ini berebeda  dengan pasien lasik yang nyerinya hanya beberapa jam atau bahkan tak sampai satu hari. Untuk mencapai penglihatan sempurna pun waktu yang dibutuhkan lebih lama. Dilansir dari situ yang sama pula, butuh kurang lebih 6 bulan bagi pasien PRK untuk dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata.

Nah, walaupun lasik memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat dan rasa nyeri yang terhitung lebih sebentar, namun tindakan PRK juga memiliki kelebihannya tersendiri, yaitu cakupan penyembuhannya bisa untuk mata minus dengan kadar minus yang tinggi sampai minus 16. Hal ini disampaikan oleh dr Ida Bagus Gde Wirastana, SpM dari Jakarta Timur Eye Center.

Itu tadi pembahasan untuk mengenal tindakan medis operasi PRK yang bisa menjadi pilihan lain selain operasi lasik. Upaya tindakan kesehatan memang cukup banyak solusinya, namun ada baiknya mencegah daripada mengobati. Untuk itu Eyevit, sebagai suplemen mata era digital hadir dengan zat aktif luthein, zeaxanthin, serta ekstrak bilberry yang siap sedia melindungi mata Anda dari bahaya sinar biru yang dipancarkan oleh gadget yang Anda gunakan. Jadi, jangan ragu untuk sellau stok Eyevit di rumah, ya!

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer