Kenali Penyebab Non Klinis Mata Merah Berikut
september-09.jpg

Kondisi mata merah tentu sudah umum dialami oleh banyak orang, mata merah merupakan respon yang ditunjukan oleh mata karena adanya partikel asing atau elemen asing kecil yang mungkin bahkan tak kasat mata. Secara klinis, bila mata memerah karena memang mengalami kondisi medis yang tidak baik.

Tentunya banyak orang yang sudah tentu menyadari bahwa mereka terkena kuman atau penyakit yang menjangkit atau mengganggu kesehatan pada fungsi mata normal.Selain merupakan wujud respon dari adanya partikel asing, mata merah juga merupakan kondisi dimana mata menunjukan kondisi yang tidak baik. Nah, penjabaran ini mencoba memperkenalkan apa saja penyebab mata merah.

1. Kekeringan Mata

Perlu diketahui bahwa, penangkal tejadinya infeksi mata adalah air mata. Dan air mata jugalah yang memainkan peran penting sebagai penjaga kelembaban mata. Pada saat debu dan kotoran berukuran sangat kecil masuk ke dalam mata, air mata jugalah yang membersihkannya.

Namun, seiring bertambahnya usia dan jenis pekerjaan serta banyaknya kegiatan dapat mempengaruhi tingkat kelembaban mata. Saat cairan mata tak cukup banyak diproduksi, dapat menjadi pemicu dari penyebab mata kering. Bisa juga sindrom mata kering disebabkan adanya penguapan air mata ke udara terlalu banyak dengan begitu mata akan secara lebih mudah teriritasi dan kering sehingga bakal tampak kemerahan.

2. Kurang Tidur

Penyebab mata kemerahan yang satu ini pasti banyak yang sudah mengalaminya dan menjadi penyebab yang paling umum pula. Kurang tidur sesungguhnya akan berhubungan dengan mata lelah, apalagi bila mata dipaksakan untuk terus bekerja atau melakukan aktivitas tanpa diberi kesempatan berisitrahat.  

Kurang tidur juga sama dengan kurang beristirahat, maka solusi supaya mata tak lagi memerah adalah dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain menyebabkan kemerahan pada mata, kurang tidur juga dapat menurunkan nilai estetika penampilan karena akan menyebabkan tampilan mata menjadi nampak gelap atau umum dengan istilah “mata panda”.

3. Mata Lelah

Kondisi ini bisa dibilang berhubungan dengan kondisi mata apabila kurang tidur karena mata tidak beristirahat. Kelelahan juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya kemerahan pada mata. Khusus bagi yang memang menjalani  pekerjaan dan mengharuskan terus berada di depan komputer, inilah yang kurang baik untuk mata. Mata akan cepat lelah dan bisa juga berpotensi berair atau kering yang biasanya akan menimbulkan kondisi sakit kepala juga karena kehilangan fokus.

4. Penggunaan lensa kontak

Bagi yang menggunakan lensa kontak tentu saja sering mengalamai kondisi mata merah. Mata merah ini terjadi sebagai wujud respon dari mata karena lensa kontak termasuk benda yang dianggap asing oleh mata. Memakai lensa kontak tentu saja akan menyerap kadar air yang secara alami diproduksi oleh mata. Maka bagi pengguna lensa kontak, tetes mata khusus pengguna lensa kontak memang menjadi kewajiban. Karena mata kering akan menyebabkan kemerahan dan mudahnya terjadi iritasi.

5.Luka kecil pada mata.

Saat berada di luar rumah dan kondisi angin sedang sangat kencang-kencangnya, tentu saja sulit memungkiri mata tidak terpapar polusi seperti debu atau tiupan angin yang mengenai mata. Mengucek mata yang terasa tidak nyaman karena terkena hembusan angin bisa menyebabkan luka yang lecet tipis pada selaput mata. Meskipun bukan luka berdarah seperti yang biasa terjadi pada kulit, namun luka pada mata ini juga tentunya menyebabkan kemerahan pada mata dan tentunya akan menciptakan rasa perih.

Menjaga kesehatan mata tidak cukup hanya dari luar, namun juga harus dari dalam. Untuk itu, di era modern ini, Eyevit Vit hadir sebagai suplemen mata era digital yang siap menjadi proteksi dari paparan sinar biru yang terpancar dari gawai-gawai berteknologi yang Anda gunakan. Jangan ragu lagi untuk memilih Eyevit karena kanduangan luthein dan zeanxanthin-nya baik untuk mata sehat Anda.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer