Atasi Sakit Mata Merah dengan Bahan Alami Berikut
september-07.jpg

Mengalami sakit mata, tentu saja sangat mengganggu. Gangguan kesehatan klinis pada mata ini bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor, dan bisa juga sebagai indikasi bahwa daya tahan tubuh sedang tidak fit. Sakit mata biasanya akan diawali dengan kondisi mata merah, memang kondisi ini sudah barang pasti menjadi tanda bahwa mata sedang dalam keadaan tidak normal.

Terkadang, kondisi sakit mata memang tidak semua paham cara penangannya dan tidak semua mengetahui kondisi tidak sehat tersebut ada sampai di level mana sehingga pemahaman seseorang bila mengalami sakit mata adalah buru-buru ke dokter mata, padahal ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati mata merah atau iritasi bila kondisi masih dalam batas bisa diatasi sendiri.

Hal pertama yang perlu dikenali terlebih dahulu adalah kondisi gangguan mata, dan gejala penyebabnya.

 

1. Konjungtivitis

Di dalam mata ada lapisan tipis yang melindungi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Lapisan tersebut bernama konjungtiva. Bila Konjungtiva ini iritasi atau membengkak maka akan mengakibatkan mata merah dan berair luar biasa. Untuk lebih mudah dipahami, Anda akrab dengan istilah belekan?

Nah, istilah masyarakat ini adalah istilah untuk kondisi konjungtiva yang meradang. Penyebabnya cukup banyak, bisa karena alergi, virus, atau bakteri. Bila penyebabnya adalah alergi, maka yang akan mengalaminya adalah kedua mata sekaligus, namun bila disebabkan oleh alergi bisa hanya di alami oleh satu mata atau sebelah saja. Nah, bila disebabkan oleh virus kejadiannya akan berimbas. Maksudnya, pertama yang mengalaminya hanya satu mata setelah menunjukan tanda-tanda membaik atau tanda-tanda lain, malah akan menjangkit mata sebelahnya.

 

2. Mata kering

Kondisi mata kering ini, adalah kondisi dimana mata terasa sedikit gatal yang cukup mengganggu. Kondisi ini bisa disebabkan karena Anda menggunakan mata terlalu berat dalam melakukan pekerjaan seperti melihat layar komputer dalam waktu yang lama, dan terlalu lama membuka mata di ruang ber-AC. Suhu udara yang terlalu dingin bisa menyebabkan cairan alami mata mudah menguap, ini yang menyebabkan mata menjadi merah dan terasa gatal.

 

3. Hordeolum

Kenal dengan istilah bintitan? Tentu saja, yang konon katanya ini terjadi karena kebiasaan mengintip orang. Istilah bintitan dalam bahasa medis adalah hordeolum, gejala awalnya di tandai dengan rasa pegal di salah satu mata, gatal, dan akan timbul rasa nyeri disertai bagian yang membengkak dikelopak mata.

Hordeolum ini terjadi karena bisa terjadi sebagai wujud inidkasi bahwa daya tahan tubuh sedang tidak fit, selain itu hordeolum juga disebabkan oleh adanya bakteri atau kotoran dari dalam tubuh. Untuk tingkat hordeolum yang serius, biasanya di dalam bengkak atau bintit yang terbentuk akan ada cairan putih seperti nanah. Nanah ini terbentuk karena sistem imunitas tubuh sedang melawan bakteri yang ada. Hordeolum memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun penanganan lebih awal setelah mengenali gejalanya dapat membuat bengkaknya tidak terbentuk dan mata tetap nyaman.

 

Cara Penanganan Sakit Mata

Penangan dengan bahan-bahan alami ini bisa dilakukan sendiri apabila kondisi sakit mata tidak masuk dalam level yang cukup serius. Maka bila Anda mengalami kondisi sakit mata yang sangat serius, lebih baik segera mengubungi dokter agar penanganannya dapat lebih intensif.

 

1. Penanganan sakit mata yang disebabkan oleh virus

Sakit mata yang disebabkan oleh virus ini termasuk jenis sakit mata yang mudah menular. Namun sampai saat ini tidak ada penanganan medis bagi sakit mata yang disebabkan oleh virus. Bila berkonsultasi dengan dokter, dokter hanya akan memberikan obat tetes mata penyegar yang tentunya akan mengurangi rasa gatal dan panas pada mata.

Cirinya adalah mata akan mengeluarkan cairan yang kental dan bening. Virus akan mudah menyerang tubuh yang tidak fit, virus akan berhenti bereplikasi dan akan patah sendiri atau mati dengan sendirinya. Untuk mempercepat penyembuhan, baiknya Anda memperkuat daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh, dan beristirahat, serta hindari stress.

 

2. Penanganan sakit mata karena bakteri

Kondisi sakit mata yang disebabkan oleh bakteri tentu membahayakan apabila tidak segera ditangani. Sifat bahayanya dan akan menular sama seperti sakit mata yang disebabkan oleh virus. Ciri sakit mata yang disebabkan oleh bakteri adalah cairan yang keluar akan bertekstur kental dan berwarna pekat seperti putih atau kekuningan. Setelahnya kotoran ini akan mengering di sisi-sisi mata.

Penanganan awal dapat dilakukan dengan mengompres mata dengan air hangat dan handuk bersih, atau mengompresnya dengan rebusan air daun sirih. Daun sirih memang dipercaya bisa menjadi antiseptik alami terutama untuk mata. Untuk penyembuhan yang lebih cepat, biasanya Anda akan butuh tetes mata antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

 

3. Penanganan sakit mata karena iritasi atau alergi

Mata yang teriritasi biasanya bisa disebabkan karena debu atau kelilipan kotoran yang tertiup angin. Dan ini menyebabkan mata menjadi merah dan juga terasa gatal. Untuk kondisi mata iritasi ini, perlu diketahui dulu sebabnya bila karena iritasi ringan dalam hitungan beberapa menit mata akan kembali normal dengan syarat jangan mengucek mata dengan tangan yang kotor, karena justru akan menyebabkan penyebaran bakteri bertambah luas. Bila gatal terasa sangat mengganggu, Anda bisa menggunakan kompres air panas untuk mengurangi rasa gatal.

 

Obat mata bahan alami.

Obat mata dengan bahan alami ini memang cukup ampuh mengobati berbagai kondisi mata. Namun, karena berbahan alami biasanya waktu penyembuhannya cukup lama. Maka obat mata berbahan alami ini disarankan sebagai pertolongan pertama pada saat gejala terasa mulai terasa dan tidak dibiarkan semakin parah.

 

1. Bawang putih

Bawang putih dipercaya sebagai antibakteri dan antioksidan. Maka bawang putih banyak digunakan sebagai obat mata bagi yang mengalami bengkak hordeolum tahap awal disaat bengkak masih terasa belum besar dan bernanah. Caraya cukup dengan 1 siung bawang putih, kupas, dan iris bagian ujungnya. Oleskan pada kulit kelopak mata seperti menggunakan eyeliner, bengkak akan membaik dalam dan berkurang secara perlahan.

 

2. Air hangat dan air rebusan daun sirih

Air hangat bisa digunakan untuk mengkompres, begitu juga dengan air rebusan daun sirih. Daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami yang mampu menyembuhkan luka dan membersihkan bakteri. Air hangat memang sangat ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada mata. Untuk kondisi hordeolum, air hangat juga mampu membantu penyembuhan bengkak. Untuk kondisi konjungktivitis, air hangat dan air rebusan daun sirih bisa membantu menyembuhkan mata merah dan mengurangi cairan kental yang keluar.

Pastikan juga untuk menjaga kondisi mata tetap sehat, Anda selalu mengonsumsi vitamin mata Eyevit di rumah. Kandungan Pure Bilberry, Luxetin, Zeaxanathin, dan Multivitamin yang terkandung dalam Eyevit siap bantu Anda untuk jaga kesehatan mata setiap waktu.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer