4 Hal yang Menyebabkan Mata Anda Merah
september-06.jpg

Mata merah merupakan salah satu gangguan pada mata yang sangat umum dialami. Pada kondisi ini, mata yang semula berwarna putih akan nampak berwarna merah sebagian atau seluruhnya. Gangguan mata merah sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang serius, namun juga tidak bisa disepelekan. Mata merah bisa menjadi gejala awal penyakit mata yang lebih berbahaya. Untuk itu, ada baiknya kita mengetahui berbagai penyebab terjadinya mata merah.

 

1. Konjungtivitis

Mata manusia alaminya memiliki lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata yang disebut konjungtiva. Bila konjungtiva ini mengalami iritasi atau pembengkakan, maka akan menyebabkan mata menjadi merah. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan iritasi pada konjungtiva antara lain adalah karena alergi, virus, ataupun bakteri.

Konjungtivitis yang diakibatkan oleh alergi biasanya akan membuat kedua mata Anda memerah dan gatal luar biasa. Hal ini biasa terjadi karena faktor polusi udara, sering mengucek mata dengan tangan yang kotor, debu, dan sebagainya. Cara mengobati alergi mata merah ini sebenarnya cukup mudah. Keluhan ini biasanya akan mudah sembuh dengan sendirinya dalam beberapa menit. Namun apabila dirasa semakin memarah, Anda bisa mengkonsultasikannya langsung kepada dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Apabila konjungtivitis terjadi karena virus, gejala awalnya adalah hanya satu mata saja yang akan memerah. Setelah mata tersebut mulai berair, biasanya akan menular ke mata satunya. Jenis konjungtivitis ini termasuk penyakit menular. Namun Anda tidak perlu khawatir, cara pengobatannya hanya diteteskan obat tetes mata dari dokter saja, dan penyakit akan sembuh dalam 1-2 minggu.

Penyebab konjungtivitis lainnya adalah bakteri. Penyebab inilah yang mengakibatkan mata Anda akan terus menerus mengeluarkan kotoran seperti belek yang lama kelamaan akan mengering di daerah sekitar mata. Sama seperti konjungtivitis virus, konjungtivitis bakteri juga menular. Cara pengobatannya biasanya akan diberikan obat tetes antibiotik untuk mengurangi produksi kotoran mata.

 

2. Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan karena terlalu seringnya kita menggunakan mata untuk bekerja, seperti membaca buku ataupun menatap layar gadget. Penyebab lainnya bisa karena terlalu banyak terpapar sinar matahari, berada di ruangan ber-AC, terkena kipas angin dan juga faktor usia. Mata kering terjadi karena produksi air mata terhambat. Jika mata sudah kering maka lama kelamaan mata akan memerah. Untuk mengatasi hal tersebut, sisihkan waktu istirahat untuk mata Anda atau gunakan obat tetes mata bila perlu.

 

3. Mata Lelah

Mata lelah terjadi karena mata kita bekerja secara berlebihan. Penyebab mata lelah kurang lebih sama seperti mata kering, yaitu terlalu lama membaca dan bermain gadget. Menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat juga dapat mengakibatkan mata lelah. Hal tersebut mengakibatkan kelembaban mata menurun dan akhirnya mata menjadi merah.

 

4. Mata Terluka

Karena mata adalah indera yang sangat sensitif, maka benda-benda kecil seperti debu, kotoran, dan lainnya dapat dengan mudah masuk ke dalam mata. Biasanya, kita akan latah dan secara spontan mengucek mata kita bila dirasa ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Hal inilah justru yang membuat mata menjadi terluka dan akhirnya memerah. Penyebab lainnya bisa karena benturan, atau kecelakaan.

 

Penyebab-penyebab di atas merupakan penyebab umum mata menjadi merah. Selain melakukan cara pengobatan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata Anda dari dalam. Mengonsumsi vitamin mata seperti Eyevit merupakan salah satu langkah tepat untuk mebantu Anda menjaga kesehatan mata.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer