Waspadai Tiga Penyakit Mata Berikut Ini
september-04.jpg

Mata adalah salah satu karunia terbesar yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Tanpa mata, manusia tidak akan bisa melihat indahnya dunia. Namun mata juga sangatlah rentan terhadap berbagai penyakit. Banyak faktor seperti kebiasaan menggunakan mata yang terlalu berlebihan, debu jalanan, radiasi, sinar matahari dan lain sebagainya, yang membuat mata kita menjadi mudah lelah dan rusak.

Adapun penyakit-penyakit yang menyerang mata, mulai dari yang umum seperti mata merah, bintitan, dan refraksi sampai penyakit berbahaya seperti katarak dan glaukoma, saat ini dapat menyerang siapapun di usia berapapun. Selain penyakit-penyakit tersebut, berikut beberapa penyakit mata lainnya yang juga harus Anda waspadai.

1. Herpes Zoster Oftalmikus

Umumnya virus herpes dikenal sebagai virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Namun siapa sangka bahwa virus ini juga dapat menyebabkan sakit mata yang disebut sakit mata herpetik. Lebih jelasnya, penyakit yang juga dikenal dengan sebutan herpes zoster oftalmikus ini disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menyerang ganglion gasseri dan mengganggu kerja cabang oftalmik. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain :

  • Mata merah

  • Rasa sakit di sekitar atau di salah satu daerah mata

  • Munculnya ruam kemerahan dan rasa sakit pada kelopak mata

 

2. Keratitis Herpes Simpleks

Sama seperti penyakit sebelumnya, penyakit ini juga disebabkan oleh virus. Keratitis herpes simpleks disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 yang menimbulkan infeksi pada kornea. Akibatnya, kornea menjadi berkabut dan mengalami pembengkakan. Virus ini sama dengan penyebab luka pada mulut dan bibir. Gejala-gejala yang dapat dirasakan, antara lain:

  • Mata merah.

  • Rasa sakit pada mata atau di sekitar salah satu mata.

  • Air mata yang terus-menerus keluar.

  • Mata terasa kotor.

  • Mata terasa perih saat melihat cahaya yang terang.

 

3. Konjungtivitis  / pink eye

Konjungtivitis atau biasa juga disebut pink eye, adalah peradangan konjungtiva, yaitu jaringan tipis pada bagian putih mata dan membatasi bagian di bawah kelopak mata. Penyebab penyakit ini dapat dikarenakan oleh virus, bakteri dan klamidia. Pada dasarnya, konjungtivitis merupakan salah satu penyakit mata yang menular. Penyakit ini juga dapat menyerang bayi yang baru lahir, berupa infeksi penglihatan yang lambat laun bisa membahayakan. Adapun gejala-gejala konjungtivitis yang harus Anda perhatikan antara lain :

  • Mata lebih berair dari biasanya.

  • Area putih pada mata menjadi merah.

  • Mata terasa gatal atau terbakar.

  • Lebih sensitif terhadap cahaya.

  • Penglihatan menjadi lebih buram.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terserang penyakit-penyakit diatas adalah dengan mebgobatinya dengan obat oles mata (untuk penyakit yang disebabkan oleh virus herpes), dan menghindari mata dari ancaman-ancaman kerusakan yang ditimbulkan oleh debu, bakteri, dan radiasi. Mengurangi penggunaan kontak lens juga dapat membantu meminimalisir terserang konjungtivitis. Selain itu, mengonsumsi vitamin mata juga sangat dianjurkan agar mata tetap sehat terjaga.

Selalu waspadai gejala yang mulai timbul pada mata normal Anda. Jangan sampai Anda telat menyadari dan mata Anda sudah terlanjur parah. Konsumsi pula vitamin mata Eyevit setiap hari untuk menjaga mata tetap sehat dari penyakit.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer