6 Cara Ini Bantu Anda Untuk Cegah Mata Kering
6_Cara_Ini_Bantu_Anda_Untuk_Cegah_Mata_Kering.jpg

Mata kering merupakan salah satu masalah pada mata yang sering dialami oleh manusia. Penyebab mata kering bisa dikarenakan oleh polusi udara, cuaca yang terlalu kering, atau terlalu lama menatap layar gadget. Umumnya, mata kering memang lebih banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa di usia muda pun mata Anda bisa terkena mata kering.

Berikut ini 6 cara untuk mencegah mata Anda terkena mata kering.

1. Mengistirahatkan Mata dari Layar Komputer

Era digital saat ini mendorong manusia untuk melakukan aktivitas dan pekerjaannya sebagian besar dengan menatap layar komputer, handphone dan gadget lainnya. Kegiatan inilah yang lambat laun dapat membuat mata menjadi cepat lelah dan kering. Untuk mencegahnya, berilah waktu istirahat pada mata Anda. Seperti misalnya melihat objek lain selain layar komputer selama satu menit setiap satu jam bekerja.

2. Menggunakan Tetes Mata

Mata yang kering akibat terlalu lama menatap layar komputer dapat mengakibatkan berkurangnya produksi air mata secara alami. Untuk menggantikan fungsi air mata yang tidak terproduksi ini, Anda dapat menggunakan air mata buatan atau tetes mata untuk sekedar membasahi bola mata Anda. Gunakan tetes mata yang aman dan bebas bahan pengawet untuk menghindari mata terkena iritasi.

3. Meningkatkan Asupan Omega 3

Omega 3 terbukti dapat mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh, terutama pada mata. Peradangan inilah yang seringkali menjadi penyebab mata menjadi kering. Mulailah untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan. Konsumsi ikan juga dapat diganti dengan meminum suplemen minyak ikan.

4. Jangan Terlalu Lama Memakai Lensa Kontak

Telah banyak diketahui bahwa efek penggunaan lensa kontak yang terlalu sering adalah buruk bagi mata. Ini jugalah yang menjadi penyebab mata menjadi kering. Segeralah melepas lensa kontak setelah beraktvitas dan berikan waktu istirahat bagi mata Anda.

5. Hindari Konsumsi Obat-obatan yang Salah

Sebelum mengonsumsi obat-obatan ada baiknya Anda mengetahui efek samping dari penggunaannya. Beberapa obat tertentu, seperti obat anti alergi antihistamin dan beberapa pil KB, ternyata dapat menyebabkan mata kering. Tanyakan pada dokter mengenai efek samping obat-obatan ini.

6. Memijat Mata

Cara sederhana lainnya untuk mencegah mata kering adalah dengan memijat mata. Cara ini sangat mudah dilakukan. Pertama, gosokkan kedua telapak tangan Anda sampai terasa hangat. Kemudian letakkan kedua siku Anda pada meja, dan tempelkan telapak tangan Anda ke mata. Lakukan sambil menarik napas dalam-dalam secara perlahan.

Cara kedua, gunakan ibu jari Anda untuk memijat lembut tulang bawah alis Anda. Setelah selesai, buka mata Anda lebar-lebar dan tarik napas perlahan. Kedua tips sederhana ini dapat Anda lakukan dimana saja ketika mata Anda mulai terasa kering.

Berbagai gangguan pada mata memang dapat kapan saja menyerang. Untuk itu mulailah memperhatikan hal-hal yang dapat memicu kerusakan pada mata. Di samping itu, barengi kegiatan pencegahan tersebut dengan mengonsumsi vitamin mata. Eyevit merupakan vitamin mata yang hadir di era digital untuk menjadi solusi akan gangguan pada mata. Jangan tunggu rusak dulu, baru bertindak. Gunakan Eyevit untuk mata yang lebih sehat!

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer