Dengan Cara Berikut Ini, Anda Bisa Atasi Mata Lelah Akibat Bekerja
Dengan_Cara_Berikut_Ini,_Anda_Bisa_Atasi_Mata_Lelah_Akibat_Bekerja.jpg

Menjaga kesehatan tubuh dan tetap produktif memang harus dalam kondisi yang seimbang. Nah, di era digital yang segalanya serba modern dan berteknologi seperti saat ini sepertinya sulit untuk bekerja tanpa menggunakan gawai-gawai berteknologi canggih. Tak jarang efek yang ditimbulkan dari penggunaan gawai berteknologi ini cukup menimbulkan efek kelelahan terutama pada organ vital manusia yaitu mata sebagai indra penglihatan. Untuk itu, beberapa cara berikut ini bisa menjadi solusi bagaimana mengatasi mata lelah akibat bekerja.

1. 15 menit berharga

Yang dimaksud dengan 15 menit disini adalah waktu. Waktu yang diperlukan mata sebagai aset yang berharga untuk beristirahat dari kegiatan bekerja. Istirahatkan mata selama 15 menit dengan cara mengedipkan mata dan kolaborasikan dengan menaham pejamannya. Lakukan kedipan sebanyak kurang lebih 10 kali lalu tahan kedipan dan pejamkan mata, hitung sebanyak 10 hitungan lalu buka mata dan lakukan hal itu selama yang diperlukan. Selain melakukan kegiatan berkedip dan memejamkan mata, hal lain yang bisa dilakukan adalah tinggalkan layar digital dan alihkan pandangan kepada objek lain misalkan melihat langit dan awan, atau melihat tanaman setidaknya Anda perlu menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit untuk memberi kesempatan mata beristirahat.

2.Meditasi mata

Mungkin istilah terapi ini baru bagi sebagian dari Anda. Namun apabila dipraktekan hal ini sama seperti bila Anda mentransfer hangat suhu tubuh kepada indra penglihatan. Pejamkan mata dengan posisi serileks mungkin bagi mata, posisi bola mata ada di tengah dan tutup mata yang terpejam dengan kedua telapak tangan.

3.Atur pencahayaan

Komputer Anda tentu memiliki pantulan cahaya yang sangat diperlukan. Hal ini untuk membantu Anda beraktifitas juga bukan? nah , sangat disarankan apabila pengaturan cahaya disesuaikan dengan tepat. Ini berlaku tak hanya untuk komputer saja namun juga pencahayaan pada layar smartphone yang Anda gunakan. Jangan sampai terlalu gelap, namun juga jangan terlalu terang.

4.Kurangi paparan cahaya biru

Selain mengatur pencahayaan, hal yang sangat perlu dilakukan adalah mengurangi intensitas terpapar cahaya biru yang biasanya terpancar dari gawai-gawai berteknologi. Cahaya biru ini sifatnya juga seperti radiasi akan berbahaya bagi kesehatan terutama bila terpapar dalam waktu yang lama atau intensitasnya nyaris sepanjang hari. Paparan cahaya biru juga dapat menyebabkan hormon melatonin berkurang dan tentunya ada dampak jangka panjang bagi kesehatan.

5.Tetes mata

Mata lelah terkadang terasa sedikit kering dan membuat rasa ingin menguceknya. Sesungguhnya hal ini perlu menjadi perhatian untuk dihindari, ada baiknya menggunakan obat tetes mata untuk membantu mata mendapatkan kesegarannya kembali. Obat tetes mata yang akan digunakan untuk mata kering dan lelah bisa dikonsultasikan kepada dokter atau tenaga medis farmasi, karena bukan disebabkan oleh bakteri ataupun jamur biasanya dibutuhkan obat tetes mata yang tidak mengandung zat aktif obat, namun sesuai dengan pH mata.

Di era modern ini memang sepertinya gawai perteknologi sudah bukan barang yang asing. Semua orang menggunakannya untuk menyeimbangkan produktifitas. Dan untuk itu, Eye Vit hadir sebagai suplemen mata era digital yang mampu bekerja aktif melindungi dan memberikan nutrisi bagi kesehatan mata.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer