Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan
Terlalu_Lama_Duduk_di_Depan_Komputer_Bisa_Berbahaya_Bagi_Kesehatan.jpg

Aktivitas dan produktivitas manusia modern tidak akan pernah lepas dan jauh dari yang namanya teknologi. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa teknologi sudah menjadi bagian hidup dan menjadi medium yang cukup membantu manusia dalam menjalankan segala aktifitas dalam upaya bertahan hidup. Salah satunya adalah komputer, teknologi yang satu ini benar-benar menjadi medium yang dapat membantu manusia dalam aktivitas bekerja.

Namun, perlu diketahui bahwa terlalu lama berada di depan layar komputer juga sangat berbahaya bagi indera penglihatan. Dan parahnya lagi, tidak hanya mata yang akan mengalami gangguan namun juga bagian tubuh lain juga akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Wah, harus mulai waspada ya, karena berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan karena terlalu lama berada di depan komputer.

1. Kerusakan Pada Mata

Ini sangat jelas dan sangat umum diketahui oleh masyarakat. Karena komputer merupakan perangkat keras yang memanfaatkan banyak perpindahan gelombang transmiter dan memancarkan radiasi yang tentu saja berbahaya bagi mata. Selain itu bahaya akan gangguan kesehatan juga mengintai dari pancaran sinar biru yang datangnya dari  pancaran layar komputer maupun smartphone. Gangguan mata karena hal ini seringkali menimbulkan gejala perih, mata merah, berair, terasa pegal, dan bahkan bisa menyebabkan kelainan mata permanen seperti minus.

2. Kerusakan Pada Tulang Belakang

Berada di depan layar komputer, seseorang akan berusaha untuk memperoleh posisi duduk serileks mungkin. Namun tanpa disadari, biasanya posisi yang rileks bukan dengan postur duduk yang tepat. Karena bila mendapati posisi tubuh yang rileks, seringkali membuat postur tulang menjadi terlalu bungkuk atau terlalu bengkok kiri dan kanan. Semakin lama hal ini semakin meningkatkan resiko saraf terjepit.

3. Terkena Radiasi

Gangguan ini sudah sangat jelas dapat menyebabkan segala penyakit dan gangguan kesehatan. Penggunaan komputer atau alat elektronik lain tentunya menggunakan aliran listrik yang bisa membuat perangkat elektronik tersebut beroperasi. Maka siapapun yang menggunakan komputer dengan jangka waktu yang lama, tentunya juga akan terpapar radiasi listrik.

4. Menyebabkan Sakit  Kepala

Sakit kepala adalah salah satu dampak buruk yang disebabkan oleh aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer. Gangguan kesehatan ini merupakan gangguan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang terutama mereka yang aktif dengan perangkat keras komputer dan bekerja dalam waktu yang lama penggunaanya. Hal ini dikarenakan cahaya yang terpancar dari layar komputer. Cahaya flourescent dari layar komputerlah yang menyebabkan gangguan kesehatan yang satu ini terjadi saat seseorang bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Cahaya ini, bisa mempengaruhi sistem syaraf dan memberikan efek nyeri dan sakit kepala.

5.Turunnya Daya Ingat

Radiasi yang terlalu keras, sangat bisa memberikan efek kepada sistem saraf memori yang akhirnya menyebabkan penurunan daya ingat. Hal ini diakui oleh hasil penelitian dimana faktor lain dari penurunan daya ingat bukan saja karena faktor usia, namun juga aktifitas yang memberikan resiko jangka panjang secara perlahan seperti terpapar radiasi dan kelelahan.

Untuk mengantisipasi penyakit mata yang bisa timbul akibat terlalu lama berada di depan layar komputer, anda bisa mulai mengonsumsi Eyevit, vitamin alami untuk mata agar tetap sehat dan normal. Eyevit adalah vitamin mata yang mengandung vitamin A, lutein serta zeaxanthine, dapat membantu membuat mata Anda lebih sehat. Kandungan-kandungan tersebut juga ada dalam vitamin mata Eyevit yang juga harus Anda konsumsi agar kesehatan mata Anda lebih terjamin.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer