Astenopia, Penyakit Mata Lelah yang Harus Anda Waspadai
Astenopia,_Penyakit_Mata_Lelah_yang_Harus_Anda_Waspadai.jpg

Mata menjadi salah satu bagian tubuh dan indera yang krusial, mata digunakan sebagai alat untuk melihat dan sangat membantu manusia untuk melakukan begitu banyak aktivitas manusia. Apa bila Anda bekerja dengan tuntutan harus melakukannya menggunakan gadget, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian karena gadget bukanlah benda yang terbilang aman. Sinar biru setiap gadget baik itu, laptop, layar handphone, tablet, dan sebagainya akan menghantarkan gelombang radiasi yang bisa dibayangkan bukan bagaimana efeknya dalam jangka panjang.

Selain bahaya dari sinar biru yang terpancar dari gawai, mata Anda akan sangat dengan mudah mengalami kelelahan. Penyakit kelelahan pada mata ini dikenal sebagai Astenopia dan harus diwaspadai. Apa itu Astenopia? Mari mengenalnya bersama artikel ini.

Mata lelah atau Astenopia menurut medis adalah gejala yang diakibatkan oleh upaya berlebihan dari sistem penglihatan yang berada dalam kondisi tidak cukup sempurna untuk memperoleh ketajaman fokus penglihatan dan bisa disebut juga dengan digital eye strain apabila kelelahan mata terjadi karena mata terlalu lama digunakan untuk menatap layar laptop atau smartphone. Mata lelah, tegang, atau terasa pegal merupakan efek gangguan mata karena otot-ototnya yang dipaksa bekerja keras terutama saat harus melihat objek dekat dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama.

Gejala Astenopia dibagi menjadi tiga gejala yang dikategorikan dari efek yang dihasilkan yaitu gejala visual seperti penglihatan rangkap, gejala okular seperti nyeri pada kedua mata, dan gejala referral seperti mual dan sakit kepala ataupun juga pusing. Kelelahan mata juga dapat menimbulkan gangguan fisik seperti sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, mata merah, radang pada selaput mata, berkurangnya ketajaman atau fokus penglihatan, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

Nah, yang lebih membahayakannya lagi, Astenopia ini bisa mempertinggi angka kecelakaan lalu lintas karena Astenopia bisa menjangkit siapa saja tanpa adanya tanda-tanda seperti kelainan mata minus karena bukan menimbulkan kerusakan mata permanen, namun akan menambah beban kerja.

Apabila mata menjadi lelah karena membaca, melihat terlalu lama pada komputer dan gadget, atau mata lelah karena aktivitas lainnya yang cukup memberatkan mata, ada baiknya untuk mengambil waktu sejenak dan membiarkan mata Anda memperoleh periode relaksasi.

Mengokonsumsi Eyevit sebagai vitamin mata akan membantu menunjang kesehatan dan menjaga mata Anda dari berbagai pancaran radiasi. Memiliki kandungan lutein zeaxanthin dari buah bilberry yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan membantu menunjang aktivitas. Jadi, tetap bisa terus aktif dengan mata sehat bersama Eyevit.

 

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer