Ini Dia 10 Makanan yang Baik Untuk Mata
Ini_Dia_10_Makanan_yang_Baik_Untuk_Mata.jpg

Setiap panca indera yang diberikan Tuhan kepada manusia memiliki cara perawatannya masing-masing, dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk menjaganya. Seperti contohnya mata. Indera penglihatan ini bersifat sensitif dan rentan sekali terkena gangguan. Ada banyak sekali jenis penyakit yang dapat menyerang mata, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang berpotensi mengakibatkan kematian. 


Namun Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak cara mudah untuk merawat mata kita, salah satunya adalah lewat makanan yang kita konsumsi. Makanan-makanan berikut ini merupakan makanan yang baik bagi kesehatan mata. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.


Wortel
Sayuran berikut ini sudah sangat termahsyur dengan khasiatnya untuk mata. Kandungan vitamin A pada wortel dapat berfungsi untuk memperbaiki kondisi mata yang rusak. Bagi orang yang sudah berumur, antioksidan dalam wortel dapat mencegah katarak dan degenerasi makula. 


Meskipun dikenal baik untuk kesehatan mata, namun ketika Anda mengonsumsi wortel juga jangan berlebihan, apalagi bila untuk dikonsumsi bayi. Terlalu banyak mengonsumsi wortel disebut-sebut dapat membuat kulit bayi menguning. Selain itu juga mengonsumsi wortel mentah secara berlebihan dapat membuat gangguan pada pencernaan, namun juga jangan terlalu lama merebus wortel, karena kandungan gizinya dapat hilang.


Biji Bunga Matahari atau Kuaci
Selain enak dijadikan camilan menonton tv, ternyata kuaci juga baik untuk kesehatan mata, lho! Makanan yang termasuk ke dalam jenis biji-bijian ini mengandung selenium zinc dan vitamin E yang bagus untuk mencegah katarak dan gangguan mata lainnya akibat faktor penuaan. Vitamin B2 yang ada dalam makanan favorit hewan hamster ini juga berfungsi untuk mengurangi kesensitifan mata terhadap cahaya atau dikenal dengan photophobia. 


Ikan Salmon
Ikan salmon sering dijadikan bahan topping pada sushi dan merupakan makanan favorit orang Jepang. Tidak salah memang bila orang Jepang menyukai ikan salmon, karena ikan laut ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengatasi mata kering dan membuat mata lebih sehat.

Telur
Ada banyak sekali kandungan pada telur yang baik untuk kesehatan mata. Seperti di antaranya lutein, zeaxhantin, B12, vitamin D, vitamin A, zinc dan cysteine. Lutein dan zeaxhanthin yang terkandung dalam kuning telur dapat melindungi mata dan menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak. 


Bayam
Selain wortel, sayuran lainnya yang sudah banyak dikenal memiliki kebaikan untuk mata adalah bayam. Sayuran hijau kesukaan Popeye ini memiliki kandungan yang hampir sama seperti telur, namun ditambah vitamin C dan beta-karoten yang dapat mencegah penyakit glaucoma. 


Alpukat
Di pembahasan poin sebelumnya sudah dijelaskan mengenai fungsi Lutein, buah alpukat memiliki lebih banyak kandungan lutein dibandingkan dengan jenis buah dan sayur lainnya. Selain lutein, alpukat juga mengandung alfa dan beta-karoten yang dapat membentuk vitamin A dan berguna untuk mata.


Bawang Putih
Dipercaya berkhasiat, bawang putih dapat mengobati mata belekan, bengkak, ataupun timbilan dengan cara dihaluskan kemudian dioleskan pada mata yang sakit. Ternyata selain dioleskan, memakan bawang putih secara langsung pun bermanfaat untuk mata. Kandungan selenium, vitamin C, B1, quercetin, dan gluthathione pada bawang putih dapat melindungi lensa mata dan menangkal radikal bebas seperti sinar UV. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk mata, namun tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih secara berlebihan, cukup sesekali atau dijadikan bahan campuran pada masakan.


Tomat
Sama seperti wortel, bayam dan alpukat, tomat juga termasuk dalam jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin A yang berkhasiat baik untuk mata. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dan lycopene yang juga baik untuk mata. 


Coklat Hitam
Coklat hitam atau dark chocolate mengandung zat flavonoid yang bisa melindungi pembuluh darah pada mata sehingga membuat kornea dan retina menjadi lebih kuat. Jika kornea dan retina mata semakin kuat, maka penglihatan pun akan semakin tajam. 


Brokoli atau Kol
Brokoli dan kol memiliki khasiat yang sama seperti bayam. Mengandung lutein dan zeaxhanthin yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, seperti sinar UV. Selain itu, mengonsumsi brokoli secara teratur juga dapat menghindari mata dari bahaya katarak.


Itu dia 10 makanan yang baik untuk kesehatan mata. Selain terdapat dalam makanan, kandungan lutein, zeaxhantine serta bilberry, juga terdapat dalam vitamin mata Eyevit. Dengan mengonsumsi vitamin mata Eyevit, disamping mengonsumsi makanan-makanan sehat, dapat membantu membuat mata menjadi lebih sehat dan terawat. 

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer