3 Penyebab Mata Merah dan Cara Tepat Mengobatinya
Penyebab_Mata_Merah_dan_Cara_Tepat_Mengobatinya.jpg

Terdapat berbagai macam penyakit yang dapat menyerang mata Anda, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang paling berbahaya hingga berpotensi menyebabkan kematian. Salah satu penyakit mata yang tidak berbahaya namun paling sering dialami adalah mata merah. Meskipun tidak berbahaya, namun penyakit mata merah dapat membuat penderitanya merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri, karena dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan membuat mata biasanya dipenuhi oleh belek.

Ada beberapa jenis sakit mata, penyebab dan cara menanggulanginya. Simak penjelasan berikut ini.

Viral Conjunctivitis

Gangguan mata ini disebabkan oleh virus “adenovirus” dan merupakan jenis penyakit mata yang menular. Ciri-ciri penyakit ini adalah biasanya datang bersamaan dengan penyakit flu. Terdapat cairan bening dan encer yang keluar dari mata. Meskipun menular, namun penyakit ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Untuk mengobatinya, cukup dengan meneteskan obat tetes mata ataupun mengoleskan salep mata pada mata yang sakit. Penggunaan obat tetes dan salep mata tentu saja harus berdasarkan resep dokter.

Sakit Mata Karena Bakteri

Dalam dunia kesehatan mata, penyakit ini sering disebut dengan bacterial conjunctivitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus, Streptococcus atau Haemophilus yang masuk ke mata. Sakit mata ini merupakan salah satu jenis sakit mata yang serius dan menular. Ciri-ciri penyakit ini adalah mata merah dan akan mengeluarkan cairan kuning atau biasa kita sebut dengan belek (belekan). Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Cara pengobatan penyakit ini sama seperti viral conjunctivitis, yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter dan memberikan obat tetes mata sesuai dengan resep dokter. Proses penyembuhan penyakit ini biasanya cukup lama, sekitar 2-3 minggu.

Sakit Mata Karena Alergi

Penyakit mata ini dapat disebabkan oleh debu, serbuk sari, tungau, ataupun kosmetik. Penyakit mata yang satu ini tidak termasuk penyakit yang menular, namun biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa gatal pada mata dan biasanya diikuti dengan gejala lainnya seperti demam, asma dan eksim.

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda dapat menggunakan obat tetes mata dari dokter, atau melakukan tindakan-tindakan pencegahan, seperti melindungi mata dari debu, tidak mengucek mata secara berlebihan, kurangi penggunaan make up, mencuci tangan sebelum menyentuh mata, dan melepaskan lensa kontak sebelum tidur. Konsumsi vitamin mata seperti Eyevit juga sangat disarankan agar mata tetap sehat karena Eyevit mengandung Pure Bilberry, Lutein dan Zeaxanthin untuk melindungi mata dari penyebab mata merah.

Itulah beberapa penyebab utama penyakit mata merah dan bagaimana cara menanggulanginya. Sebenarnya ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit mata merah. Penggunaan bahan-bahan alami seperti bawah putih, daun sirih, air hangat, jus kentang dan getah daun juga dapat Anda coba untuk mengobati sakit mata merah. Selamat mencoba!

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer