Cara Tepat Mengurangi dan Menyembuhkan Mata Minus
Cara_Tepat_Mengurangi_dan_Menyembuhkan_Mata_Minus.jpg

Mata minus atau rabun jauh, merupakan keadaan mata tidak sehat yang sifatnya paling umum dialami oleh berbagai lapisan masyarakat. Mata minus ini adalah kondisi dimana penglihatan tidak dapat nampak fokus, biasanya memiliki tingkat atau kadar rabun tersendiri dan agar penglihatan kembali fokus apabila menggunakan alat bantu melihat seperti kacamata. Bila mengalami penglihatan tidak fokus seperti mata minus ini ada baiknya Anda periksa ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana mengurangi atau bahkan menyembuhkan kadar rabun tersebut.

Hal pertama yang perlu dipahami adalah penyebab rabun atau mata minus, diantaranya adalah:

Pola Gaya Hidup

Tidak dipungkiri memang pola gaya hidup yang buruk dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan buruk khususnya dalam hal berkegiatan yang menggunakan indra penglihatan jelas dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan mata. Kebiasaan hidup masyarakat modern saat ini, sebagian besar masyarakat di perkotaan banyak menghabiskan waktu di depan layar monitor dalam waktu lama, dan beberapa diantara mereka tidak menjaga asupan gizi serta kesehatan fisik dengan beristirahat yang cukup, terutama mengistirahatkan mata.

Faktor Genetika

Apabila sudah menjaga pola hidup yang sehat namun tetap mengalami rabun, jangan menyesali menjaga pola hidup yang baik itu. Karena mata minus atau rabun ini, bisa terjadi juga karena faktor genetika atau bawaan. Maka yang harus dipertahankan adalah tetap menjaga pola hidup sehat dan membiasakan diri untuk melakukan terapi kesehatan mata.

Nah, berikut ini adalah tips yang bisa membantu Anda untuk mengurangi kadar minus pada indra penglihatan:

Istirahatkan Mata dari Kacamata

Bagi yang menggunakan kacamata setiap saat dalam berkegiatan, coba jujur, pasti lelah kan menggunakan kacamata terus menerus? Maka cobalah dalam satu hari selain waktu tidur, lepaskan kacamata dan istirahatkan otot-otot di sekitar mata yang telah cukup lama menopang posisi si kacamata ini. Mengistirahatkan otot mata tidak membutuhkan waktu sampai berjam-jam, dalam berkegiatan, coba luangkan waktu kurang lebih 10 sampai 20 menit untuk melepaskan kacamata.

Berlatih Untuk Melihat Objek Jarak Jauh

Latih mata untuk melihat objek jarak jauh tanpa menggunakan kacamata. Apabila sedang berada di dalam ruangan, lihatlah keluar ruangan dan tataplah objek yang letaknya cukup jauh dari jarak pandang. Rasanya mungkin cukup tidak nyaman karena terbiasa melihat dengan jelas menggunakan alat bantu, namun cara ini dapat melatih fungsi mata untuk melihat dalam jarak jauh. Cukup lakukan terapi ini dalam kisaran waktu 5 menit saja.

Amati Setiap Pergerakan Objek yang Bergerak

Satu lagi kegiatan menatap objek untuk memberikan terapi kepada mata yaitu melihat objek yang bergerak. Objek yang bergerak ini bisa berupa kendaraan yang ada di jalan-jalan raya, atau baling-baling kipas angin. Cara ini cukup membantu untuk melatih otot dalam mata melihat objek yang bergerak akan meninggalkan bayangan.

Terapi Daun Sirih

Daun sirih merupakan herbal yang dipercaya memiliki khasiat dan fungsi yang sangat serbaguna. Menyembuhkan mata minus dengan daun sirih cukup mudah, hanya diperlukan 2 lembar daun sirih lalu dicuci bersih dan ditempelkan ke mata saat tidur. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, hasilnya akan cukup maksimal.

Rehat Sejenak dari Monitor

Masyarakat kota besar yang produktif biasanya tidak mungkin tidak menatap layar komputer atau barang elektronik lain dalam waktu singkat. Itulah mengapa masyarakat kota lebih riskan terkena gangguan penglihatan. Maka, apabila pekerjaan secara rutin menuntut mata untuk bekerja bersama layar monitor dalam waktu yang lama maka rehatlah sejenak, istirahatkan mata dari aktivitas menatap layar yang perlu diketahui juga bahwa layar-layar monitor tersebut mengandung gelombang radiasi yang tentunya berbahaya untuk kesehatan mata.

Coba Terapi Lilin

Unik yah, namun terapi ini cukup membantu dan caranya cukup mudah. Cukup nyalakan saja sebuah lilin dan tataplah cahaya pijar lilin tersebut. Tatap lilin yang bercahaya dalam hitungan per 5 detik tanpa berkedip, setelah hitungan terakhir maka pejamkan mata sejenak, lalu lakukan lagi menatap pijar lilin tersebut. Lakukan hal ini sebanyak 8 sampai 10 kali pengulangan dalam sehari dengan jarak antara mata dengan lilin adalah dua jengkal. Meski tidak ada pengakuan medis yang menyatakan bahwa terapi lilin ini mujarab, namun boleh juga untuk dicoba.

Bersihkan Mata Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan mata menggunakan cairan pencuci mata yang saat ini sudah dijual di apotek dan cara penggunaannya cukup mudah. Hal ini, bisa membantu mata untuk bersih dari kotoran dan bakteri.

Tutup Kaca Helm

Apabila menggunakan kendaraan bermotor, jangan abaikan fungsi penggunaan helm. Selain melindungi kepala, helm ini secara total juga berperan dalam perlindungan terhadap mata dari debu dan kotoran jalanan ketika dalam menggunakan helm tentu harus  menutup kaca visor helm.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Mata memang terkenal membutuhkan vitamin A yang berperan bagi kesehatannya. Dan vitamin A untuk mata ini akrab terkandung dalam si sayuran oranye, yaitu wortel. Sesungguhnya, selain vitamin A dalam wortel mata juga membutuhkan vitamin lain seperti vitamin C. Nah, vitamin-vitamin ini jelas terkandung dalam dalam makanan organik nan menyehatkan seperti buah dan sayur. Untuk itu jangan abaikan mengkonsumsi buah dan sayur, karena terbukti ada yang kadar minusnya berkurang setelah melakukan terapi jus wortel lho.

Itu dia beragam tips untuk mengurangi bahkan menyembuhkan mata minus. Bagi sebagian orang di kota besar kadang beranggapan bahwa menjaga kebersihan saja sudah cukup karena kesibukan yang padat biasanya sulit sekali untuk melakukan beberapa kegiatan yang bersifat terapi, salah satunya seperti terapi buah dan sayur yang membutuhkan waktu untuk diolah, sedangkan membeli yang sudah instan pasti banyak pengawetnya.

Padahal, asupan tambahan vitamin sangat penting bagi kesehatan mata. Eyevit adalah vitamin mata di era digital yang mengandung Pure Bilberry, Lutein dan Zeaxanthin yang mampu mempertajam penglihatan mata Anda. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi Eyevit, ya!

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer