5 Makanan Selain Wortel Ini Bantu Jaga Kesehatan Mata
5_Buah_dan_Sayuran_yang_Sangat_Baik_Untuk_Kesehatan_Mata.jpg

Wortel adalah salah satu sayuran yang mengandung beta karoten tipe vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, terutama pada retina. Namun, tidak hanya makanan yang mengandung beta karoten saja yang penting untuk mata. Ada beberapa vitamin dan mineral yang juga penting untuk pengelihatan mata. Berikut 5 makanan selain wortel yang baik untuk kesehatan mata.

Sayur-sayuran Hijau

Dua antioksidan baik, yaitu lutein dan zeaxanthin yang terkandung pada sayuran hijau sangat baik untuk dikonsumsi. Karena kandungan dua antioksidan ini mampu menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak yang biasa terjadi pada mata.

Kuning Telur

Selain sayuran hijau, kuning telur juga  merupakan sumber utama untuk mendapatkan anti oksidan lutein dan zeaxanthin, plus seng. Ketiga vitamin ini juga berperan untuk mengurangi resiko degenerasi makula, menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles.

Ikan Berlemak

Ikan-ikanan pun juga bisa menjadi sumber makanan yang baik untuk kesehatan mata, lho. Ikan seperti tuna, salmon, makarel, dan tongkol ada beberapa ikan yang kaya akan lemak DHA. DHA, pada retina mata bisa menyebabkan mata kering kata Jimmy Lee, MD, direktur bedah refraktif di Montefiore Medical Center, New York bila kandungannya berkurang.

Kacang Almond

Makanan lain yang bisa dijadikan sumber untuk memperlambat degenerasi makula, yaitu kacang almond. Segenggam kacang almond, sekitar satu ons mampu menjadi sumber setengah dari total doosis harian vitamin E yang dibutuhkan oleh mata berdasarkan pendapat para ahli.

Jeruk dan Beri

Sebagai sumber utama vitamin C, buah-buahan juga berperan penting untuk kesehatan mata. Beberapa buah yang menjadi sumber vitamin C adalah jeruk dan beri yang juga dapat mengurangi degenerai makula dan katarak yang sering terjadi pada mata.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer