9 Cara Alami Ini Bantu Jaga Kesehatan Mata Anda
9_Cara_Alami_Ini_Bantu_Jaga_Kesehatan_Mata_Anda.jpg

Mata menjadi indra yang cukup penting sebagai anggota tubuh manusia, menjaga kesehatan mata dapat membuatnya tetap dalam keadaan fit sehingga tidak memerlukan alat bantu melihat yang mungkin akan menciptakan rasa kurang nyaman. Banyak orang tentunya akan merasa nyaman dengan mata yang sehat dan tanpa harus menggunakan alat bantu melihat seperti lensa kontak atau kacamata agar lebih leluasa menjalankan aktivitas. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang fungsi mata mengalami penurunan akibat dari berbagai faktor.

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati”

Ya, artikel kali ini akan membahas tentang cara-cara alami untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini ada 9 cara alami menjaga kesehtan mata yang bisa diterapkan agar mata tetap sehat.

Makan Makanan Bernutrisi

Memakan makanan yang kaya gizi dan nutrisi serta vitamin dan zat besi tentu dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mengatur pola makan seimbang juga cukup berpengaruh bagi kesehatan mata. Selain wortel dengan vitamin A yang baik untuk mata, sayur dan buah bernutrisi lain seperti tomat, apel, jeruk, dan bit yang kaya akan antioksidan serta vitamin C. Selain itu, makan makanan bernutrisi, seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 seperti ikan dan kacang-kacangan juga disarankan.

Menjaga Masa Tubuh

Menjaga berat badan juga menjadi salah satu faktor penting. Keadaan lemak yang berlebihan dalam tubuh tidak baik, begitu juga apabila kekurangan lemak dalam tubuh. Karena lemak juga memiliki fungsi sebagai pelarut vitamin yang diserap dari makanan. Memiliki berat badan berlebih juga meningkatkan kemungkinan diabetes dan meningkatkan potensi kemungkinan glaukoma. Apabila secara natural memang mengalami kesulitan mengontrol berat badan, satu hal yang bisa dilakukan adalah upayakan kebiasaan sehat seperti olahraga.

Menjaga Kebersihan Tangan

Menggunakan lensa kontak pada mata pasti memerlukan bantuan tangan untuk melepas dan memasangnya. Untuk bisa melepas kontak lensa mata dengan benar, baiknya cuci bersih terlebih dahulu tangan dengan air mengalir sampai bersih karena akan berinteraksi langsung dengan mata yang merupakan daerah yang cukup sensitif terhadap benda asing seperti debu atau mineral dari luar.

Hindari Rokok

Merokok pada dasarnya memang bukan merupakan kebiasaan yang baik. Merokok dapat menyebabkan kerusakan atau kemunduran fungsi syaraf optik dan meningkatkan resiko terkena katarak karena mengalami degenerasi makula.

Hindari Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka pendek dapat berinterkasi langsung kepada syaraf optikal. Alkohol juga memperlambat laju neurotransmiter di otak. Neurotransmiter sendiri merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang menghubungkan komunikasi antara otak dan fungsi anggota tubuh. Apabila terjadi keterlambatan dalam komunikasi antara otak dengan mata maka akan melemahkan koordinasi otot mata dan syaraf penglihatan. Alkohol juga dapat menyebabkan penyerapan vitamin jadi terhambat.

Tidur yang Cukup

Tidur cukup juga berpengaruh bagi kesehatan mata? Benarkah? Ya, hal ini memang sangat benar. Sesungguhnya tidur memang sangat baik untuk metabolisme tubuh termasuk kesehatan mata. Oleh karena itu, tidur dapat berpengaruh pada kesehatan mata karena ketegangan pada gangguan pembuluh dan otot mata.

Menggunakan Kacamata UV

Menggunakan kacamata Ultra Violet (UV) dapat membantu melindungi mata dari paparan UV dari matahari. Kacamata hitam bukan hanya untuk bergaya saja, namun perhatikan kegunaannya untuk kesehatan mata. Terlalu atau terlalu sering terpapar sinar UV akan menyebabkan katarak dan degenerasi makula, pilih kacamata dengan kadar perlindungan  UV 99% - 100% dari kedua jenis sinar UV baik UVA atau UVB.

Coba Istirahatkan Mata

Istirahatkan mata tidak hanya dengan cara tidur dan menutup mata. Namun istirahatkan mata dengan cara rehat sejenak dari penatap layar komputer atau telepon genggam, menatap objek yang jauh juga merupakan terapi bagi mata. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 detik saja, untuk merehatkan mata, maka kualitas penglihatan akan semakin terjaga kesehatannya.

Nah, itu tadi adalah 9 cara alami agar kesehatan mata tetap terjaga dan selalu dalam keadaan yang fit dan sehat. Menjaga kesehatan mata selain dengan panganan sehat dan pola hidup sehat juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin mata. Itulah 9 cara alami menjaga kesehatan mata Anda.

Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer