7 Cara Mempertahankan Kesehatan Mata
7-Cara-Mempertahankan-Kesehatan-Mata-Vitamin-Mata-EYEVIT.jpg

Setiap orang pasti menginginkan matanya sehat karena melalui indera inilah, kita bisa melihat indahnya dunia sekitar. Untungnya, cara mempertahankan kesehatan mata tidaklah sulit. Anda cukup menerapkan beberapa tips berikut dalam kehidupan sehari-hari:


1.  Awasi apa yang ada dalam piring makan


Kesehatan mata dimulai dari jenis makanan apa yang tersaji di atas piring Anda. Berbagai nutrisi seperti asam omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E bisa membantu mencegah gangguan mata akibat pertambahan usia seperti degenerasi makula maupun katarak. Oleh karenanya, sering-seringlah mengonsumsi:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam
  • Salmon, tuna, atau jenis ikan lain yang mengandung minyak
  • Telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sumber protein nabati lainnya
  • Jeruk-jerukan dan buah berry
  • Tiram dan babi (buat yang non muslim)

Selain baik untuk kesehatan mata, nutrisi yang seimbang juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal sehingga risiko obesitas – pemicu diabetes tipe 2 (salah satu penyebab kebutaan pada orang dewasa) berkurang.


2.  Berhenti merokok


Rokok meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik. Jadi kalau ingin kesehatan mata tetap terjaga, segeralah hentikan kebiasaan buruk ini.


3.  Kenakan kacamata hitam


Kacamata hitam (yang berkualitas tentunya) bisa melindungi mata dari paparan sinar UV berbahaya. Perlu diketahui kalau sinar UV ini juga dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Saat membelinya, pastikan kalau sunglasses tersebut mampu memblokir 99-100% sinar UVA dan UVB. Selain itu, model lensa wrap around juga lebih baik karena dapat melindungi mata dari samping. Dan akan lebih baik lagi kalau tipe lensanya polarisasi karena dapat mengurangi cahaya menyilaukan selagi berkendara.

“Lalu bagaimana kalau saya pakai lensa kontak?” Aturannya sama, pilihlah produk yang disertai penangkal sinar UV, dan tetap kenakan sunglasses untuk perlindungan ekstra.


4.  Pakai kacamata pelindung


Cara mempertahankan kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengenakan kacamata pelindung ketika diperlukan, misalnya saat mengelas, berolahraga, atau berkendara. Helm yang dilengkapi dengan penutup wajah atau sports goggles dengan lensa polikarbonat juga dapat melindungi mata.


5.  Sering break saat berhadapan dengan layar komputer


Terus-menerus menatap layar komputer atau gadget dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan:

  • Mata tegang
  • Pandangan kabur
  • Sulit fokus saat menatap obyek jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, punggung, dan bahu

Jadi untuk melindungi mata:

  • Lakukan tes mata secara berkala untuk tahu seberapa akurat daya pandang, dan untuk pengguna lensa kontak atau kacamata, pilih yang dilengkapi anti radiasi.
  • Kalau mata tegang tak kunjung hilang, konsultasikan itu dengan dokter.
  • Posisikan layar sehingga bagian atasnya sejajar dengan mata. Posisi ini membuat mata sedikit melirik ke bawah selagi bekerja.
  • Sebisa mungkin, minimalkan cahaya menyilaukan dari lampu atau jendela. Jika perlu, gunakan lapisan anti-silau.
  • Duduklah di atas kursi yang nyaman sehingga telapak kaki rata dengan lantai.
  • Untuk mata kering, sering-seringlah mengerjap.
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan menatap obyek jarak jauh (lebih kurang 6 meter) selama 20 detik. Ambil waktu break sebanyak 15 menit setiap 2 jam sekali.

6.  Periksakan mata secara rutin


Sama seperti gigi, mata juga perlu diperiksakan secara rutin kalau ingin kesehatannya terjaga. Periksa mata secara rutin bisa mendeteksi ada-tidaknya gangguan mata seperti glaukoma yang seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Tergantung dari kebutuhan, Anda bisa mengunjungi 2 jenis dokter yakni:

  • Ophthalmologist – spesialisasi perawatan mata yang biasanya dapat mengatasi penyakit atau melakukan operasi mata.
  • Optometrists – juga merawat dan mengatasi penyakit mata, namun tidak berwenang melakukan operasi.

Sebagai info terakhir, ketahuilah bahwa pemeriksaan mata itu biasanya meliputi:

  • Diskusi mengenai sejarah kesehatan Anda pribadi dan keluarga
  • Tes untuk mencari tahu apakah mata minus (miopia), rabun dekat (hipermetropi), silinder (astigmatism), atau presbiopia (mata tua)
  • Tes untuk melihat apakah koordinasi kedua mata tetap baik
  • Tes tekanan mata dan saraf optik untuk mendeteksi ada-tidaknya glaukoma
  • Pemeriksaan luar dan mikroskopis sebelum dan sesudah dilatasi mata

7.   Konsumsi Vitamin Mata


Sama seperti kita makan sehari-hari, mata kita juga perlu asupan nutrisi. Mengkonsumsi Vitamin Mata juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mata. Mata memerlukan berbagai nutirisi seperti Lutein, Zexanthin, Retinol, Vitamin E, antioksidan tinggi, Vitamin A, Selenium, dan Beta-Caroten. Untuk Vitamin mata yang mengandung buah Bilberry juga sangat baik untuk memenuhi nutrisi kebutuhan mata, karena kandungan pada buah bilberry mengandung anthocyanins tinggi, anthocyanins sendiri merupakan salah satu antioksidan tinggi yang dapat menembus dan mudah diserap oleh mata. Untuk suplemen dengan kandungan terlengkap untuk memenuhi kebutuhan matabisa di temui di Vitamin Mata EYEVIT.

Eyevit Eye Vitamins contain bilberry, lutein and zeaxanthin to maintain eye health and treat myopia
Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer