Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital
Tips-Untuk-Menjaga-Kesehatan-Mata-Anak-Di-Era-Digital.jpg

Bunda, sekarang ini, gadget menjadi salah satu barang yang lebih sering dimainkan anak-anak. Apakah anak Anda salah satunya? Bermain gadget tidak ada salahnya selama kita masih mengawasi konten yang diakses anak-anak dan juga, lama tidaknya anak kita bermain gadget.

Namun, sering pula kita tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan anak bermain gadget yang ternyata dapat mengganggu penglihatan mereka. Gangguan mata tersebut seperti mata lelah, mata kering, pandangan kabur atau blur, dan sebagainya.

Hal ini tentu akan mengganggu proses belajar mereka nantinya. Selain itu, mata adalah organ yang sangat vital. Jika tidak dirawat sejak dini, bukan tidak mungkin gangguan mata akan terjadi sebelum anak menginjak dewasa. Maka dari itu, mata harus sangat dijaga dan dirawat karena mata adalah organ penting pada tubuh kita.

Menjaga kesehatan mata penting dilakukan sejak dini, Bunda. Menjaganya pun sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, terkadang anak sering lupa atau malas untuk melakukannya. Kita sebagai orang tua wajib mengingatkan dan memberi perhatian lebih. Ada beberapa cara sederhana yang dapat bunda lakukan.

1. Tidak Mengucek Mata

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

Seringkali kita tidak sadar ada benda asing masuk ke dalam mata. Bila hal itu terjadi pada anak Anda, ingatkan anak Anda untuk jangan langsung mengucek matanya ya, Bun!

Hal ini sebenarnya berbahaya karena ketika mengucek mata, bagian terluar mata bisa lecet, sama seperti kita menggaruk kulit dengan kuku, kulit bisa lecet dan terkelupas. Hal ini dikarenakan bagian mata sangat sensitif. Jadi, jangan pernah biarkan anak Anda mengucek mata, ya! Daripada mengucek mata, bunda bisa membilas mata anak dengan air bersih.

2. Atur Durasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

Kalau zaman dulu, kita sering diperingatkan orang tua untuk tidak menonton televisi terlalu dekat. Sekarang, zaman sudah berubah, Bun. Anak-anak cenderung lebih banyak menatap layar ponsel atau laptop dalam waktu yang lama. Kalau anak Bunda adalah salah satunya, Bunda harus mengatur kebiasaan itu. Misalnya, meminta si anak untuk mengistirahatkan matanya setelah melihat gadget.

Karena dampak yang paling sering terjadi adalah, mata menjadi lebih cepat lelah, pandangan kabur (blur), mata kering, bahkan hingga sakit kepala. Tidak mau, kan, hal ini menghambat anak dalam membaca atau mengerjakan PR?

3. Membaca dengan Pencahayaan yang Cukup

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

Bunda, kebiasaan membaca memang sangat baik. Tapi, bunda harus ingat, membaca dengan pencahayaan yang kurang baik akan menyebabkan gangguan pada mata. Hal ini karena untuk membaca dan melihat, mata kita membutuhkan cahaya. Jika cahaya yang masuk ke dalam mata sangat kurang, sedangkan apa yang kita lihat membutuhkan banyak energi, mata akan menjadi cepat lelah.

Meskipun dampak kerusakan pada mata tidak akan langsung terlihat, namun jika hal ini dilakukan berulang, bukan tidak mungkin kerusakan mata bisa terjadi. Karena itu, biasakanlah untuk mengingatkan anak membaca di tempat yang terang atau dengan cahaya yang cukup.

4. Makan Sayuran Hijau

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, tapi juga seluruh anggota tubuh kita, Bunda, begitu pula dengan mata.

Selain wortel, sumber makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah sayuran hijau. Sayuran hijau banyak mengandung luthein dan zeaxanthin, yakni salah satu karetonoid. Luthein dan zeaxanthin menjadi antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

5. Konsumsi Vitamin Mata

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

Bunda, meskipun sayuran sudah dibekali dengan berbagai macam vitamin yang menyehatkan, terkadang cara memasak kita belum benar sehingga vitamin di dalam sayuran malah hilang. Untuk memaksimalkan perawatan kesehatan mata, Bunda bisa menambahkan suplemen untuk anak sebagai konsumsi sehari-hari.

Selain lebih praktis, suplemen juga bisa menjadi alternatif bila anak Anda tidak suka makan sayuran hijau. Suplemen sudah dikembangkan dengan teknologi mutakhir sehingga vitamin yang dibutuhkan tetap utuh terjaga. Salah satu suplemen yang bisa Bunda coba untuk anak adalah Eyevit.

Eyevit hanya menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata seperti, ekstrak bilberry yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, retinol, beta-karoten, vitamin E, Selenium, dan zinc.

Semua bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Karena bentuknya syrup dengan rasa yang enak, anak-anak pasti akan lebih mudah mengonsumsinya.

Dengan mengonsumsi Eyevit secara teratur, Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan gangguan penglihatan mata pada anak. Vitamin ini bisa dibeli di apotek terdekat atau bisa melalui situs resminya di link ini. Bunda juga bisa langsung berkonsultasi seputar kesehatan mata anak di situs tersebut lho!

Terakhir, bunda harus tetap ingat, meskipun sudah mengonsumsi suplemen, bunda tetap harus mengingatkan anak untuk tidak mengucek mata, tidak terlalu sering menatap layar gadget, dan juga membaca dengan pencahayaan yang cukup agar mata anak Anda tetap sehat.

Yuk, lebih perhatikan lagi kesehatan mata kita dengan mengonsumsi vitamin mata Eyevit! Untuk Mata Sehatku, Ingat eyevit!

 

Sumber : https://bacaterus.com/eyevit-syrup-vitamin-untuk-menjaga-kesehatan-mata-anak/

Eyevit Eye Vitamins contain bilberry, lutein and zeaxanthin to maintain eye health and treat myopia
Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer