BAHAYA, Kecanduan Bermain Game Bisa Membuat Matamu Buta.
Bahaya,-Kecanduan-Bermain-Game-Bisa-Membuat-Matamu-Buta._.jpg

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat gadget, ponsel pintar atau tablet terus berkembang. Banyak fitur yang sangat membantu kehidupan manusia, dan  membuat orang betah bermain gadget. Salah satunya adalah game yang dipasang di gadget. Pengaruh gadget tidak hanya memberi sisi positif, akan tetapi memiliki sisi buruk yang mempengaruhi kesehatan.


Dikutip dari detikINET Seorang wanita muda berusia 21 tahun asal Dongguan, China sangat terobsesi dengan game. Dia bisa menghabiskan 7-8 jam dalam sehari, bahkan bisa tidak tidur semalaman. Hingga pada satu malam, ia mulai merasakan sesuatu yang aneh di mata kanannya. Sepanjang malam itu  ia menangis kesakitan sekaligus takut, hingga besoknya dibawa ke rumah sakit. Setelah mendapatkan penangananan dokter, wanita tersebut didiagnosa menderita Oklusi Arteri Retina, sebuah penyakit yang biasanya menyerang pada usia lanjut usia. Kondisi tersebut sulit dipulihkan dan mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen alias buta.

Dokter yang merawatnya mengatakan bahwa kelelahan mata yang berlebihan, akibat terlalu lama menatap layar smartphone menjadi penyebab utama oklusi arteri retina yang diderita pasiennya tersebut. Sinar biru yang keluar dari layar gadget, membuat mata cepat lelah dan sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Penelitian sudah membuktikan, sinar biru yang terpancar dari gadget dapat merusak mata bayi dan anak secara permanen, terutama di bagian makula yang terletak di bagian belakang mata atau retina.

Perlu pencegahan terhadap kerusakan yang ditimbulkan sinar biru gadget. Dari penelitian di Jepang menunjukan bahwa konsumsi bilberry ekstrak dan lutein mencegah mata lelah, dan melindungi makula dari degenerasi atau kerusakan. Penggunaan gadget memang tidak bisa dihindari, akan tetapi dampak buruknya bisa diminimalisir dengan asupan vitamin yang seimbang, terutama untuk vitamin mata.

Vitamin untuk kesehatan mata dapat diperoleh dari bilberry, kandungan flavonoids didalam bilberry bermanfaat untuk membangun kolagen dalam pembuluh darah mata. Sehingga dapat menghentikan penyebaran degenerasi makula akibat kerusakan retina. Zeaxanthin dan Lutein merupakan jenis karotenoid satu-satunya dalam makula mata, Karotenoid merupakan bahan aktif seperti yang ditemukan dalam wortel. Lutein dan zeaxanthin mampu menyerap sinar biru yang membahayakan mata, selain itu, lutein dan zeaxanthin dapat memperkuat retina, melindungi retina dari kerusakan, sehingga menjaga fungsi penglihatan berada dalam tingkat optimal.

 

Ayo jaga kesehatan mata dengan lebih bijak dalam menggunakan mata, bersitirahatlah saat mata mulai lelah dan lindungi mata dengan mengkonsumsi vitamin mata. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Eyevit Eye Vitamins contain bilberry, lutein and zeaxanthin to maintain eye health and treat myopia
Copyright 2017 @ Eyevit
Disclaimer